Gubernur Akan Temui Gubernur Papua Barat Bahas Mahasiswa Yang Pulang ke Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe/Andy

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe berencana bertemu dengan Gubernur Papua Barat, Mandacan untuk membahas kepulangan ratusan mahasiswa asal Papua dan Papua Barat dari kota studi masing-masing karena alasan keamanan.

Gubernur mengungkapkan, pertemuan dengan gubernur papua barat ini penting karena pemerintah harus mengambil langkah konkrit untuk menyelesaikan kasus pulangnya ratusan mahasiswa ke Papua.

“ Kita akan diskusi dengan pemerintah Papua Barat bersama pihak campus Unipa dan Uncen. Kita akan cari jalan keluar bagi mereka (mahasiswa) kalau mau kembali ke kota studi akan kita fasilitasi, tapi kalau mau tinggal ya kita carikan solusi agar mereka bisa kuliah. Mungkin mereka bisa masuk di campus-campus yang ada di Papua dan Papua Barat ini,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada wartawan di Kota Jayapura, Selasa (10/9) malam.

Sementara bagi mahasiswa yang masih merasa aman di kota studi, gubernur menghimbau agar tidak kembali ke papua, namun tetap di kota studi dan melanjutkan aktivitas perkuliahan. “Bagi mahasiswa di kota studi lain yang masih merasa aman, tidak perlu kembali. Tetap saja disitu (kota studi) dan selesaikan kuliah disana,” pesannya.

Gubernur menambahkan, setelah menggelar pertemuan dengan gubernur papua barat, keduanya akan menghadap kapolri untuk menyampaikan pesan tersebut, agar polisi menjamin keamanan seluruh mahasiswa asal papua di kota studi seluruh Indonesia.

“Kalau kami sudah bertemu, maka kami akan menghadap kapolri. Kami minta agar seluruh polda se-Indonesia menjamin keamanan mahasiswa asal Papua di kota studi masing-masing agar mereka tidak ketakutan dan pulang,”tandasnya.*