Menko Luhut Binsar Pandjaitan Akan Sekolahkan Anak Tolikara ke Luar Negeri

Kebahagian anak-anak Tolikara menyelesaikan studinya dengan baik/Istimewa

SUMUT -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), Yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Del didaulat memberikan selamat kepada para wisudawan saat mewisuda sebanyak 323 mahasiswa dari berbagai program studi, Sabtu (7/9) di Gedung Serbaguna Yayasan Del Sitoluama, Laguboti , Toba Samosir. Menko LBP sambil mengapresiasi mahasiswa Tolikara pada Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII yang diselenggarakan Rektor Institut Teknologi (IT) Del.

"Jangan bilang orang Papua tidak bisa pintar, antara wisudawan ada dari Papua punya prestasi Cum Laude, tentu ini karena belajar keras, bekerja keras, dan hati saya senang ada 11 orang dari Papua yang lulus dengan baik," ungkap LBP.

"Saya minta kepada Bupati Tolikara, minta ijin saya bawa anak kita ini bekerja di Kantor Kementerian Kemaritiman Jakarta, dan akan saya sekolahkan sampai S2, S3 di dalam atau di luar negeri," katanya.

Menurut Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD. Zaman ini disebut dengan era digital, era ini membawa banyak perubahan yang bisa kita bawa dan memberi nilai tambah pada kegiatan sosial ekonomi atau pemerintahan pada hari ini.

"Kami berbahagia untuk melepaskan 323 orang jurusan Institut Teknologi Del sebagai agen perubahan di tengah-tengah bangsa yang saat ini sedang giat untuk melakukan pembangunan yang kami harap mereka terlibat sebagai perancang dan pelaksana untuk membantu Indonesia menuju atau mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," tegas Rektor.

Dalam sambutannya Bupati Tobasa Darwin Siagian, menyampaikan hubungan baik dengan Bupati Tolikara Usman, sebab 3 tahun yang lalu kami bersama-sama mengantar anak Tolikara ke IT Del, dan hari ini kita mendapat hasil yang baik.

“Barusan mahasiswa asal Tolikara kita makan bersama dirumah dinas Bupati dengan makanan khas Tolikara dan cara memasaknya dengan bakar batu” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memakaikan ulos kepada Bupati Tolikara Usman Wanimbo / Istimewa

Sambutan Bupati Tolikara Usman Wanimbo datang, terima kasih atas seluruh proses belajar mengajar sampai hari ini dapat melanjutkan dengan baik, dan disini ada pendidikan yang dibangun dengan baik. 

Bupati Usman tetap mengiginkan kerja sama antara Pemkab Tolikara dengan IT Del. "Tapi, ada anak -anak kita yang tidak lulus, karena masalah kesehatan sampai pulang, minta tolong pada dosen," ujar Bupati Usman.

Bupati Tolikara Usman Wanimbo / Istimewa

Lebih lanjut Bupati Usman mengatakan, "Memang kami orang Papua sangat terlambat dalam pendidikan dan pendidikan nasional, tetapi hari ini saya senang karena anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi, berharap tahun depan akan mengirim anak-anak Tolikara kuliah dan akan menjalin kerjasama dengan IT Del ".

Kata dia, memang sangat luar biasa mengikuti pendidikan jenjang di sini, anak Tolikara telah lulus sebanyak 11 orang dan telah banyak memberikan perubahan yang luar biasa dan menjadi contoh untuk anak Tolikara. Banyak perubahan yang mereka terapkan di Tolikara, menerima pendidikan orang Papua terasa cocok dengan didikan IT Del, tampak anak-anak Tolikara dapat menyesuaikan.

”Pada kesempatan ini, saya bangga luar biasa untuk anak Tolikara, untuk itu saya meminta terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan segenap Civitas Akademika IT Del”, ujar Bupati Usman. *