BI Papua Serahkan Bantuan PSBI dan Giat Bersih Sampah di Air Terjun Kampung Harapan Sentani

Kepala perwakilan BI Papua, Faturachman menyerahkan bantuan kepada gereja Katolik St. Stefanus Martir 1 di Kampung Harapan Sentani/Humas BI Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - KPw Bank Indonesia Papua menyapa masyarakat Kampung Harapan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Gereja Katolik St. Stefanus Martir 1 dan lintas alam serta giat bersih trek sepanjang aliran sungai Air Terjun Kampung Harapan, Jayapura. 

Bank Indonesia berharap masyarakat juga turut menjaga kebersihan di setiap destinasi wisata di tanah Papua. 

Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan BI terhadap pengembangan sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru Provinsi Papua. 

PSBI diberikan pada tanggal 9 Maret 2024 kepada Gereja Katolik St. Stefanus Martir 1 yang berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Air Terjun Kampung Harapan. 

Bantuan tersebut berupa 2 (dua) unit tenda untuk keperluan kelengkapan ibadah, terutama pada momen hari besar seperti Paskah dan Natal yang memerlukan kapasitas besar untuk menampung seluruh jemaat. 

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman, kepada perwakilan pengurus gereja, Ibu Magdalena Kuruway. 

“KPw BI Papua senantiasa berupaya menjalin dan mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar yang salah satunya diinisiasi melalui kegiatan PSBI seperti ini,“ papar Faturachman dalam sambutannya, dikutip dari rilis Humas BI Papua.

Lintas Alam

Selanjutnya, Magdalena mewakili pengurus dan jemaat gereja mengucapkan terima kasih kepada KPw BI Papua karena selama ini perlengkapan ibadah seperti tenda sangat dibutuhkan. 

Setelah penyerahan PSBI, dilanjutkan kegiatan lintas alam ini hingga Air Terjun Kampung Harapan. 

Dalam kegiatan lintas alam tersebut, pegawai KPw BI Papua juga melakukan bersih-bersih trek sepanjang aliran sungai dengan cara memungut sampah-sampah hingga Air Terjun Kampung Harapan.

Di akhir kegiatan terkumpul sebanyak 20 kantong sampah untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah. Sebagian besar sampah yang terkumpul adalah sampah berbahan dasar plastik.

Adapun pemilihan Air Terjun Kampung Harapan sebagai lokasi kegiatan Lintas Alam mempertimbangkan tempat tersebut merupakan salah satu objek wisata dengan hutan yang rimbun yang memiliki sumber air yang sangat jernih.

Ke depan, KPw BI Papua berharap pelestarian alam, pengembangan destinasi wisata, serta menjaga kebersihan, seperti di Air Terjun Kampung Harapan dapat disinergikan dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat pengunjung dengan menjaga perilaku tidak membuang sampah secara sembarangan.

Pariwisata merupakan salah satu sektor alternatif yang berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di tanah Papua.(rilis)