Korem 172/PWY Gelar Pelatihan Kader Warga Terlatih Untuk Generasi Muda Papua

Kasrem 172/PWY Kolonel Arh Samujio memasangkan tanda peserta kepada salah satu perwakilan peserta/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Guna membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia khususnya di Papua, yang memiliki akhlak mulia, kedisiplinan dan terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, Korem 172/PWY memberikan pembekalan Kader Warga Terlatih tahun anggaran 2023.

Kegiatan pembekalan dibuka oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Kasrem 172/PWY Kolonel Arh Samujio, mewakili Danrem 172/PWY, bertempat dibuka di Aula Bela Negara Rindam XVII/Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (23/10).

“Pembekalan kader warga terlatih sejalan dengan penetapan Komcad dalam rangka menyiapkan kader warga terlatih di tiap wilayah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara,” ucap Kasiter dalam sambutannya.

Pihaknya berharap para peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh penyelenggara yang selanjutnya dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.



“Jadikan kegiatan ini juga untuk saling mengenal antar sesama guna mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Pelaksanaan pelatihan diselenggarakan selama 3 hari dari 23 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2023. Diikuti sebanyak 35 peserta dari perwakilan Resimen Mahasiswa (Menwa), FKPPI Kota Jayapura, FKPPI Kabupaten Jayawijaya, Satpol PP Kabupaten Sarmi, Satpol PP Kota Jayapura, security dan LMR-RI Provinsi Papua.

Adapun materi yang dilatihkan adalah pemantapan jiwa nasionalisme, Pancasila sebagai ideologi negara, psikologi lapangan, pengetahuan kesehatan lapangan, navigasi darat, PPM, PBB, penanggulangan bencana, pengenalan materi Wanwil dan pengenalan drone.**