Kompetisi Liga Topskor U-15 Papua Resmi Digelar

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono melakukan tendangan bola pertama sebagai simbolis digelarnya Liga Topskor U-15 Papua/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Liga Top Skor U-15 Papua Tahun 2023 resmi digelar di Lapangan Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (18/11).

Liga yang mempertandingkan kesebelasan dari sejumlah Klub Sekolah Sepak Bola (SSB) dari Kota dan Kabupaten Jayapura dan Keerom ini resmi dibuka oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono,S.I.P., yang ditandai dengan tendangan bola pertama untuk pertandingan perdana antara SSB Nafri vs SSB Heijnes.

Danrem mengatakan, pelaksanaan Kompetisi Liga Topskor U-15 Papua akan berlangsung hingga bulan maret 2024 mendatang dan diikuti oleh 12 sekolah sepak bola (SSB) yang bertujuan untuk menggali dan mencari bibit-bibit terbaik sepakbola yang ada di tengah masyarakat.

"Potensi olahraga sepakbola di Papua cukup tinggi, dan terbukti sudah ada sejumlah nama pesepakbola asal Tanah Papua yang sudah berkiprah di tingkat nasional," kata Danrem.

Dikatakan, Tanah Papua memiliki talenta sepak bola yang cukup besar, sehingga hal inilah yang mendorong Korem 172/PWY bersama mitra untuk menggelar Kompetisi Liga Topskor U-15 Papua.

"Harapannya dari kompetisi ini kami bisa mencari bibit terbaik untuk di orbitkan agar mereka bisa menjadi bintang sepakbola Indonesia dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Danrem menegaskan, bahwa Liga Topskor U-15 Papua juga menjadi salah satu cara untuk mencetak pemain sepakbola yang handal dan profesional sejak dini, dan dengan adanya pembinaan sejak dini, maka kemampuan dan talenta sepak bola dari anak-anak Papua bisa terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Kami melihat bahwa turnamen ini, merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis, karena dapat kita jadikan sebagai salah satu indikator, bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan cabang olahraga sepak bola di Papua," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Danrem, ia meyakini dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan seperti ini, akan lahir atlet-atlet sepak bola berprestasi dan berbakat yang bisa dibanggakan di masa depan.

Sementara itu, Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Rocky Bebena mengapresiasi Korem 172/PWY yang kembali menggelar Liga Topskor U-15 Papua.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Korem 172/PWY ini bertepatan dengan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-17.

"Ini membuktikan bahwa pembinaan usia dini cukup berhasil, salah satunya melalui Liga Topskor U-15 yang untuk ketiga kalinya digelar oleh Korem 172/PWY," ujarnya.

Ketua Panitia Liga Topskor U-15 Papua, Guntur Lukas Tjo'e menjelaskan, pelaksanaan liga Topskor ini akan berlangsung hingga bulan maret 2024 mendatang, ini dilakukan sebab pelaksanaan pertandingan hanya pada akhir pekan, yaitu hari sabtu dan minggu, sebab pesertanya adalah anak-anak yang masih bersekolah.**