Pesawat MAF Dibakar KKB di Intan Jaya, Pilot WNA asal Amerika Diselamatkan Pendeta

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal /Istimewa 

JAYAPURA,wartaplus.com – 1 unit pesawat MAF PK-MAX  dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata  Rabu (6/1/2021) di Bandara Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya. Kejadian ini dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Muthofa Kamal, SH, Kamis (7/1/2021) malam.

Kronologi kejadian menurutnya, Rabu (6/1/2021) sekitar pukul 9.00 WIT, Pesawat MAF PK-MAX yang di piloti Warga Negara Amerika bernama Alex Luferchek berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa 2 penumpang masyarakat tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) Distrik Biandoga Kabupaten Intan Jaya.

Setiba di Bandara, pukul 9.30 WIT, Pilot Pesawat MAF PK-MAX, Alex Luferchek melaporkan Via Radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat tiba di Bandara Pagamba dengan baik.

Saat tiba dan masih berada dipesawat, pilot di suruh turun dari  seseorang ( Diduga Kelompok Kriminal Bersenjata) yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk.

Dikatakan Kabid Humas, atas kejadian tersebut pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut di bakar oleh kelompok kriminal bersenjata.

Pembakaran pesawat MAF tersebut kemudian terdeteksi oleh Basarnas pusat dan menyampaikan kepada yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK - MAX yang di piloti oleh Capten pilot  Alex Luferchek

"Hari ini  pukul 6.00 bertempat di Bandar Udara Wamena telah berangkat heli VIDA yang di piloti oleh Capten Natan Fagerlie untuk mengevakuasi pilot pesawat MAF PK -MAX dari Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga menuju Nabire

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Muthofa Kamal, SH mengatakan, Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian, karena kejadian tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya, namun terkendala lokasi sebab hanya dapat di jangkau melalui jalur udara. namun anggota akan sesegera mungkin mendatangi TKP guna dilakukan oleh TKP.

"Setelah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian Pilot an. Alex Luferchek (korban) langsung di berangkatankan oleh Pihak MAF ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan psikologi lebih lanjut,"ujarnya.