Wamen PUPR Apresiasi Peluncuran Yayasan Lima Sila

Wamen PUPR, Jhon Wempi Wetipo diwawancarai pers di sela sela acara peluncuran Yayasan Lima Sila, Minggu (9/2)/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jhon Wempi Watipo memberikan apresiasi atas peluncuran Yayasan Lima Sila yang di inisiasi oleh Anggota DPR RI, Komaruddin Watubun, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDI Perjuangan,  di Jayapura, Papua, Minggu (9/2) malam

"Saya pikir ini satu lompatan yang luar biasa, karena kalau bicara pak Komarudin, beliau mampu mencetak anak-anak Papua untuk menjadi pemimpin pemimpin di tanah sendiri, salah satu buktinya adalah saya, karena beliau menjadi sosok guru politik yang baik," ujar Wetipo di sela sela acara peluncuran. 

"Karena kesuksesan tertinggi bagi pak Komarudin adalah mengantarkan saya menjadi Wamen PUPR saat ini," ucapnya berterima kasih 

Secara pribadi, Wetipo mengaku bangga sebagai orang Papua atas peluncuran yayasan lima sila ini. "Saya bangga sekali, dan saya pikir generasi muda ke depan memang penting sekali dibangun karakter mental yang lebih baik. Karena saya lihat banyak generasi muda yang di jalanan dan berakhir permasalahan karena tidak dibekali dengan character building(pembangunan karakter) yang baik," kata Wetipo.

Ketua DPD PDI Perjuangan Papua ini berharap, melalui yayasan yang telah diluncurkan ini, nantinya akan menyiapkan generasi generasi muda Papua maupun yang lain untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

Yayasan Lima Sila sebagai suatu lembaga nirlaba yang berbentuk badan hukum yayasan dan didirikan oleh lima Warga Negara Republik Indonesia (RI) pada tanggal 20 April 2018 di Jakarta.

Salah satu pendiri Yayasan Lima Sila, Komarudin Watubun atau yang akrab disapa Bung Komar berharap dengan terbentuknya yayasan lima sila dapat melahirkan generasi muda calon pemimpin-pemimpin masa depan.

Ia menuturkan, lewat ide gila yang digagasnya itu, ia berharap yayasan lima sila bisa menjadi wadah untuk membangun generasi muda dari Sabang sampai Merauke.

"Sekarang pemimpin harus bisa melahirkan pemimpin. Kepemimpinan seseorang bukan ditentukan oleh usianya tapi pengalaman. Pemimpin yang dibutuhkan negeri ini adalah pemimpin yang berhikmat seperti makna pancasila sila keempat," ujar Bung Komar.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih bisa dipercaya sebagai tuan rumah launching yayasan Lima Sila dan pelatihan youth leadership forum yang digelar selama tiga hari, 7 - 9 Februari.

"Yayasan ini sangat bagus untuk membina generasi muda yang akan menjadi pemimpin berkelanjutan, berkarakter dan bermartabat dan inovasi baru untuk membuat perubahan di Indonesia dari Indonesia Timur," puji Benhur

"Saya menganggap kegiatan ini sangat penting, kita juga sebagai kepala daerah menjadikan kegiatan ini untuk mencetak pemimpin pada masa mendatang dan bisa membawa perubahan," lanjutnya

Acara peluncuran ini dirangkaikan dengan perayaan HUT Komaruddin Watubun yang ke-52

Menarik, karena acara ini dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah baik Bupati, Wali Kota hingga Wakil Gubernur dari sejumlah Provinsi yang notabene merupakan kader partai berlambang banteng moncong putih ini.**