Pilkada 2020

Wempi Wetipo Siap Turun Langsung Menangkan Kandidat PDIP 11 Kabupaten di Papua

Ketua DPD PDI Perjuangan Papua, John Wempi Wetipo/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - DPD Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Papua siap bekerja keras untuk memenangkan seluruh calon kepala daerah yang diusung dalam pemilihan kepala daerah serentak di 11 Kabupaten Provinsi Papua tahun 2020

Bahkan untuk itu, Ketua DPD PDIP Papua, John Wempi Wetipo menegaskan siap turun langsung untuk memenangkan para calon yang diusungnya.

"Bila dibutuhkan saya turun langsung untuk memenangkan para calon yang di usung partai PDI perjuangan, maka saya akan turun lapangan," tuturnya kepada pers di Jayapura belum lama ini.

Meski begitu, Wempi sapaan akrabnya mengaku, hal ini tentunya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke DPP. 

"Bila di butuhkan maka saya akan bekerja keras dan mengambil cuti. Tentu saya juga tidak ada hubungannya janji politik, apalagi melibatkan jabatan yang saya emban saat ini,” ungkap Wempi yang saat ini dipercayakan sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. 

Pengumuman Calon

Dia menjelaskan, PDI Perjuangan dalam Pilkada kali ini akan mengumumkan calon-calon kepala daerah dengan tiga tahap. Dimanan tahap pertama sudah dilaksanakan pada 17 Februari lalu, dan yang kedua akan dilaksanakan pada 12 Maret serta yang terakhir 29 Maret mendatang. 

“Untuk Papua tahap pertama telah di umumkan dukungan untuk Kabupaten Asmat. Dimana Asmat diberikan kepada pertahana yakni Elisa Kanbu-Thomas Eppe Safanfo. Keduanya kembali berpasangan, kemungkinan akan calon tunggal,”tukasnya. 

Mantan Bupati Jayawijaya itu membeberkan, pihaknya memberikan target minimal 7 kabupaten, PDI Perjuangan akan menang di Papua. Hal itu dikatakannya lantaran ada 2 daerah partainya tidak memiliki kursi di DPRD dan 2 daerah hanya 1 kursi serta sisanya 7 kabupaten memiliki kursi 2-12 kursi. 

“Kami akan bekerja keras dukungan yang diberikan kepada Asmat, Merauke, Bovendigoel, Yalimo, Nabire, Supiori dan Waropen kita harus menang," tukasnya optimis

Sedangkan Mamberamo Raya dan Keerom, hanya ada 1 kursi di DPRD, Oleh karena itu akan dilihat dukungan akan diberikan kepada siapa. Sementara untuk Pegunungan Bintang dan Yahukimo, PDIP tidak memiliki kursi.

"Namun kita ini partai besar, kalau ada yang mendaftar agar kita berikan dukungan, pastinya kita juga siap memenangkannya,” ujar Wempi. 

Solid untuk Menang

Mantan Bupati Jayawijaya dua periode ini mengharapkan seluruh kader PDI Perjuangan dan simpatisan partai berlambang banteng itu, bekerja keras secara solid untuk memenangkan kontestasi Pilkada serentak tahun 2020 ini. 

"Hasil Pilkada serentak kali ini menunjukkan bagaimana eksistensi kita pada Pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Dimana kedepan tantangan yang kita hadapi begitu besar. Kita berniat ingin hattrick di tingkat pusat. Seperti intruksi pimpinan partai Ibu Mega Wati, kita harus menang di daerah-daerah strategis untuk mendulang suara. Untuk itu saya meminta seluruh kader untuk solid dan bekerja keras,” jelasnya panjang lebar.

Seperti diketahui,  11 kabupaten di Provinsi Papua yang akan mengikuti pilkada serentak yakni, Kabupaten Mamberamo Raya, Keerom, Supiori, Waropen, Merauke, Bovendigoel, Nabire, Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan Asmat.**