Belasan Ribu Umat Nasrani Hadiri Hut Pekabaran Injil di Pulau Mansinam

Puncak perayaan Hari Pekabaran Injil di Tanah Papua ke-165 yang berlangsung di pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat/dok.Pendam17

MANOKWARI, wartaplus.com - Sebanya kurang lebih 14 ribut umat nasrani dari berbagai daerah di tanah Papua datang ke pulau Mansina dalam rangka menghadiri  Ibadah puncak perayaan HUT Pekabaran Injil masuk di pulau Mansinam ke 165, Rabu, 5 Februari 2020.

Selain untuk menghadiri ibadah, masyarakat yang datang dari luar daerah memanfaatkan momen ini untuk berwisata rohani

Ibadah yang berlangsung di Gedung Gereja Zetroom di Pulau Mansinam, kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (5/2) pagi dipimpin oleh Pdt Dr. Sostenes Sumihe

Setelah rangkaian ibadah dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia HUT Pekabaran Injil, Nataniel D. Mandacan. Sebelumnya, Nataniel menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua tamu undangan di tanah Papua dan luar Papua yang menghadiri perayaan HUT PI.

Nathaniel menjelaskan, setiap tanggal 5 Februari tentu dilaksanakan perayaan HUT PI. Namun kali ini sedikit berbeda dari perayaan sebelumnya, Dimana ini adalah perayaan lima tahunan dan bersifat ibadah massal karena dihadiri oleh denominasi gereja se tanah Papua, tamu di luar tanah Papua dan tamu duta-duta Kristus dari luar Negeri.

foto: Albert

Dikatakan Nataniel bahwa pelaksanaan HUT PI ini didasari sesuai dengan Keputusan BP AM Sinode GKI di tanah Papua.

Ia mengatakan, kegiatan religi ini untuk menanamkan nilai-nilai sejarah Pekabaran Injil di tanah Papua.

"Perayaan seperti ini sudah dilakukan sejak turun temurun dari moyang hingga sekarang ini. Apalagi tema untuk ibadah perayaan HUT PI ke 165 pada saat ini adalah 'Celakalah Aku, Jika Aku Tidak Memberitakan Injil" ungkap Nataniel.

Ketua panitia yang juga adalah Sekda Papua Barat ini menjelaskan, perayaan HUT PI ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan lomba di antaranya aksi kerja bakti di pulau Mansinam dan daratan kota Manokwari. Sementara lomba-lomba yang dilaksanakan antara lain seperti futsal bagi kaum bapa antar Klasis se Manokwari, cerdas cermat anak dan remaja, serta umum.

Lalu ada pula lomba vokal group dengan akustik, lomba kebersihan halaman gereja, gerak jalan, paduan suara, lomba lari 10 kilometer di pulau Mansinam, dan parade karnaval.

Nataniel juga melaporkan bahwa jumlah peserta yang hadiri ibadah di pulau Mansinam diperkirakan 10 hingga 14 ribu orang diantaranya ada pejabat pemerintah Pusat, pejabat daerah Papua, Papua Barat, BP AM GKI, jemaat se Klasis di tanah Papua, tamu jemaat di luar tanah Papua, utusan duta Kristus dari luar Indonesia.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan HUT PI tahun 2020 ini dibiaya sebesar Rp18 miliar yang bersumber dari Pemprov Papua Barat, Pemkab Manokwari, Pemkab Pegaf, Pemkab Mansel, GKI Klasis Manokwari, dan sumbangan dari para donatur.

"Seluruh panitia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu secara moril non moril sehingga HUT Pekabaran Injil berlangsung dengan baik dan lancar" tambah Mandacan.**