Kapolda Papua Barat Pimpin Gerakan Tanam Pohon di Manokwari

Kapolda Papua Barat, Brigjen. Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si di acara gerakan tanam pohon/Albert

MANOKWARI - Kapolda Papua Barat, Brigjen. Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si bersama Pejabat utama Polda, Gubernur Papua Barat, Pangdam Kasuari, DPR dan MRP dan Forkopimda menanam pohon di lingkungan rumah dinas Polda Papua Barat, kampung Soribo, Kabupaten Manokwari, Jumat (10/1) pagi

Acara penanaman pohon.dipimpin langsung oleh Kapolda Tornagogo.Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan sesuai instruksi Kapolri untuk seluruh jajaran Polri di tanah air melakukan penghijauan di seluruh Indonesia, maka terkhusus di wilayah pemerintah Provinsi Papua Barat, harus dikembangkan.

"Harusnya kita bersyukur karena bisa menghirup udara baik untuk  kesehatan di tanah Papua, sebab hutan masih utuh dan memberikan kita oksigen yang baik" ungkap Tornagogo.

Selain melakukan penghijauan di daerah Papua Barat, namun Kapolda menegaskan kepada aparat Kepolisian untuk ikut serta dalam mencegah ilegal login dan kerusakan hutan pada umumnya di tanah Papua dan khususnya di wilayah hukum Polda Papua Barat.

Oleh karena itu, Kapolda mengajak seluruh jajaran Kepolisian, TNI, dan aparat pemerintah daerah di Papua Barat untuk terus menjaga lingkungan, sehingga jangan sampai dirusak oleh orang-orang yang ingin mencari keuntungan semata dan hutan rusak, sehingga berdampak kepada masyarakat dan anak cucu dimasa yang akan datang.

Di kesempatan itu, Kapolda juga mengajak semua masyarakat untuk bersama aparat Kepolisian dan TNI untuk melakukan penghijauan di Pulau Mansinam, sebagai pulau bersejarah di tanah Papua.

"Penghijauan di pulau Mansinam sudah dilaporkan kepada Gubernur, maka sekarang kita menunggu petunjuk dari gubernur untuk melakukan penghijauan di pulau Mansinam menjelang HUT Pekabaran Injil (PI) pada 5 Februari 2020 mendatang" ungkap Kapolda.

Salah satu filosofi mengatakan, 'hutan jaga kita, kita jaga hutan'. Dimana program penghijauan ini merupakan bagian dari program Polri yang menjadi dasar utama dalam menjaga lingkungan di Papua Barat.

Brigjen Tornagogo menambahkan bahwa sesuai laporan saat ini dijajaran polres sudah menanam sekitar 5000 jenis tanaman dan pohon di wilayah Papua Barat.**