Masuk Sekolah, TNI Ajak Siswa SD di Perbatasan PNG Senam Pagi

Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kout mengajak murid-murid untuk senam pagi sebelum belajar bertempat di SD YPK Sota, Distrik Sota, Merauke/dok.Pendam17

MERAUKE - Untuk menumbuhkan semangat belajar di hari pertama masuk sekolah setelah libur semester ganjil, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kout mengajak murid-murid untuk senam pagi sebelum belajar bertempat di SD YPK Sota, Distrik Sota, Merauke, Senin (06/01/2020).

Dalam kegiatan senam pagi ini,  empat personel Pos Kout yang dipimpin langsung oleh Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, S.Kep., Ns., bersama Puskesmas Sota, Koramil Sota dan Polsek Sota mengajarkan budaya hidup sehat yang dimulai sejak dini kepada anak-anak sekolah yang ada di perbatasan.

Letda Ckm Iwan Debri Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tepat di hari pertama murid-murid masuk sekolah, setelah kurang lebih dua Minggu libur semester ganjil sekaligus libur natal dan tahun baru

“Senam pagi ini bertujuan untuk mewujudkan moto Mensana in corpore sano yang berarti di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat, dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Dantonkes, seperti dikutip dari rilis Pendam Cenderawasih

Menurut dia, sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan, terutama kandungan vitamin D nya. Jika siswa sehat fisik maka akan meningkatkan konsentrasi sehingga memudahkannya menangkap pelajaran yang nantinya diberikan guru.

Dantonkes menambahkan, seperti yang diketahui saat ini hampir sebagian besar waktu anak-anak di rumah dihabiskan untuk menonton televisi dan bermain sehingga tak ada lagi waktu melakukan kegiatan fisik berupa olahraga dan senam sehat.

"Dari hal ini kita kampanyekan senam pagi sebelum belajar supaya nantinya akan menjadi kebiasaan setiap hari," kata Dantonkes

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Sota, Semuel Supusepa, S. Pd., mengucapkan terimakasih dan senang dengan kegiatan senam pagi dihari pertama sekolah yang di gelar oleh Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Puskesmas Sota, Koramil Sota dan Polsek Sota.

"Senam pagi melatih disiplin siswa agar tidak menunda-nunda bangun dan berangkat ke sekolah. Selain itu, akan membuat badan bugar dan fresh saat menerima pelajaran dikelas,"ucapnya.(Adv)