Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Foto Ilustrasi wartaplus.com

JAYAPURA,wartaplus.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024  sudah di depan mata. Bahkan, sejumlah figur khususnya di Tanah Papua santer diisukan bakal berkontestasi di Pilkada 2024. 

Sebelumnya Sekretaris Eksekutif Koalisi Kampus Untuk Demokrasi, Elvira Rumkabu SIP, M.St dari pandangan akademisinya menyebutkan Yunus Wonda, Mathius D Fakhiri, Benhur Tommy Mano, Constan Karma, Mathius Awoitauw, Yan Mandenas akan mencoba memperebutkan kursi Gubernur Papua.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tersisa 7 bulan lagi nama-nama lain mulai bermunculan seperti Eli Auri, Hendrik Yance Udam. Namun yang menarik nama Paulus Waterpauw kembali memcuat dengan Tagline Negara Minta Pulang ramai beredar di grup-grup WhatsApp.

Anggota Komisi I DPR Papua, Yonas Nusi menegaskan sesama anak Papua yang siap beranikan diri maju sebagai Cagub harus diberikan apresiasi. "Provinsi Papua ini siapa saja bisa maju sebagai Cagub, entah dia dari utara atau pegunungan. Kita harus sudahi pandangan dan jangan salah memterjemahkan peluang yang negara sudah berikan kepada kita,"ujar Yonas yang mengemukakan pendapatnya.

Dia juga mengatakan, beberapa perempuan Papua yang sudah punya rekam jejak yang baik dan dianggap layak untuk didorong menjadi gubernur maupun wakil  gubernur pada Pilkada nanti. "Kemampuan perempuan Papua sudah bisa dipertanggungjawabkan,"ujarnya