Pilkada Manokwari

Dukungan KTP Pasangan Romansa sudah 78 Persen

Deklarasi pasangan Romansa siap maju dari jalur independen pilkada Manokwari/Albert

MANOKWARI - Pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon wakil bupati Manokwari periode 2020-2025, Ronald Mambieuw - Reineke E. Musa, menyatakan diri siap bertarung melalui jalur independen.

Hal ini terungkap saat deklarasi pasangan yang disapa Romansa, Sabtu (28/12) di kediaman bakal calon wabup, Reineke E Musa, jalan Ekonomi SMEA lama Manokwari, Papua Barat

Ketua Tim Pemenangan Romansa,  Ayub Msiren mengatakan, pasangan Romansa berasal dari dua latar belakang berbeda, yang menggabungkan kekuatan untuk maju Pilkada Manokwari.

Bakal Calon bupati berlatarbelakang aktivis dan parpol, sementara calon wakil bupati merupakan mantan ASN dan berpengalaman dalam hal birokrasi.

"Pasangan ini boleh dikatakan sebagai pasangan yang unik dan sebagai kekuatan perwakilan laki-laki dan perempuan," ungkap Ayub

Menurutnya, salah satu syarat sesuai ketentuan KPU terkait bakal calon yang berasal dari jalur independen juga sudah disiapkan. 

"Untuk syarat dukungan KTP sudah mendekati jumlah yang diminta. Sekarang sekitar 78 persen KTP yang terkumpul, tinggal dilengkapi saat Januari ke depan," tuturnya

Ayub menjelaskan, terdapat sederet nama yang awalnya diajukan sebagai bakal calon wakil, tetapi pilihan jatuh kepada Reineke E. Musa. Ini sekaligus mendukung keterlibatan figur calon perempuan dalam pesta demokrasi Pilkada 2020.

Sementara itu, bakal calon bupati Manokwari, Ronald Mambieuw mengungkap keinginan maju tak lain adalah ingin menyambung aspirasi masyarakat yang selama ini dikawal dirinya bersama Parlemen Jalanan di Manokwari.

"Saya ingin menunjukan roh sesungguhnya dari semua suara masyarakat yang dititip selama ini," kata dia. Lebih lanjut, Ronald yang juga sebagai Panglima Parlemen Jalanan ini mengaku konsep pasangan Romansa sudah siap. Meski demikian hal ini belum bisa dipublikasikan.

Senada, calon wakil bupati, Reineke E Musa mengaku menerima sejumlah tawaran dari beberapa caon lain, tetapi lebih memilih bergabung menjadi pasangan Romansa. Dirinya menilai klop dengan calon bupati karena beda latar belakang antara aktivis, politik dan ASN.

"Ada beberapa bidang yang ingin kami perbaiki, termasuk memajukan pemerintahan Manokwari. Kami siap maju di Pilkada Manokwari 2020," aku Reineke

Mantan Camat dan Kasubag di Perindakop serta Dinas PU Manokwari ini mengaku, saat ini dirinya tengah memasuki masa pensiun, sehingga pencalonannya dianggap tidak terganggu dengan statusnya sebagai ASN.**