Polres Manokwari Telah Siaga Amankan Pilkada

Kabag Ops Polres Manokwari, Zawal Halim/Albert

MANOKWARIwartaplus.com - Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Manokwari Kompol Zawal Halim menegaskan, pihaknya telah siaga lakukan pengamanan baik secara terbuka dan tertutup selama pentahapan Pilkada Manokwari dilaksanakan.

Untuk pengamanan Pilkada, Polres Manokwari telah menyiagakan sebanyak 100 personil.

Menyikapi adanya pengembalian dokumen calon bupati dan wakil bupati Manokwari melalui syarat dukungan perseorangan yang ditolak KPU karena dinilai tidak lengkap, Kabag Ops menegaskan bahwa hal itu sudah menjadi kewenangan pihak penyelenggara, yaitu KPU dan Bawaslu.

"Meskipun hal tersebut adalah internal penyelenggaraan pemilu, namun secara umum keamanan menjelang Pilkada Manokwari menjadi tanggung jawab kami selaku aparat keamanan untuk tetap menjaga agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan," ungkap Zawal, Rabu (26/2) 

Dikatakan bahwa saat bakal calon independen menyerahkan dokumen kepada KPU pada tanggal 23 Februari pukul 24.00 wit, ia turut hadir disana dan menyaksikan sendiri. 

"Akan tetapi setelah di kroscek nominal dukungan KTP yang diminta KPU justru tidak sesuai. Meskipun diklaim tim kerja calon independen sudah terpenuhi," bebernya

"Orang lapangan sudah kami tetapkan untuk menyajikan setiap perkembangan informasi yang berkaitan dengan penolakan KPU Manokwari terhadap pasangan calon independen," sambungnya.

Terkait penolakan bakal calon independen, Zawal mengaku yang perlu diantisipasi adalah aksi unjuk rasa dan pemalangan KPU. 

"Artinya kalau hal itu terjadi, maka polisi sudah siap amankan," tegasnya.**