Ditemukan Selamat, Para ABK Enggan Meninggalkan Kapal Kayu Segar Wangi

kapal kayu segar wangi yang mengalami kerusakan mesin di perairan utara Sarmi/ Istimewa

JAYAPURA – Upaya tim SAR Pos Sarmi mencari delapan orang ABK kapal kayu segar wangi yang mengalami Kerusakan mesin di perairan utara Kabupaten Sarmi, Papua pada Senin (11/11) kemarin akhirnya membuahkan hasil.

Delapan ABK dan kapal ditemukan selamat di perairan Liki, Kabupaten Sarmi pada Selasa (12/11) siang sekitra pukul 14.50 WIT.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Putu Arga Sujarwadi, yang dikonfirmasi mengatakan bahwa kapal bersama delapan ABK sudah ditemukan oleh tim SAR Pos Sarmi dan sementara menunggu proses evakuasi.

“ Mereka ditemukan sekitar pukul 14.50 WIT dalam kadaan selamat, sementara kapal memang mengalami kerusakan mesin sehingga saat ini masih menunggu untuk dievakuasi dengan cara ditarik,” kata Putu saat dikonfirmasi lewat saluran telephone, Selasa (12/11) petang.

Meski sudah ditemukan, Putu mengaku bahwa seluruh ABK enggan meninggalkan kapal dan masih menunggu dilokasi hingga kapal yang rusak (kapal kayu segar wangi) dapat ditarik ke darat.

“ Kapal masih berada dilokasi ditemukan dan ABK juga tidak mau dievakuasi meninggalkan kapal, karena mereka menunggu kapal yang lebih besar dari Mamberamo maupun Jayapura untuk menarik kapal kayu segar wangi ke darat. Rencananya akan ditarik dinihari nanti atau paling lama besok sudah bisa ditarik,” ungkapnya.

Sementara terkait dengan kebutuhan dari ABK, Putu mengaku bahwa hingga saat ini masih mencukupi.

“ Kebutuhan makan dan perlengkapan logistik sejauh ini masih mencukupi. Tadi juga tim kita membawa logistik seperti BBM, Aki, dan sejumlah kebutuhan lainnya,” terangnya.

Sebelumnya, kapal kayu segar wangi dilaporkan mengalami kerusakan mesin di perairan utara Sarmi saat perjalanan dari Jayapura menuju Mamberamo Raya membawa material bahan bangunan. Untuk menjaga agar tidak tenggelam, maka sebagian muatan kapal dibuang ke laut.**