Idul Adha 1440 H, Momen Mempererat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Jayapura

Seribuan umat muslim saat mengikuti shalat Idul Adha di halaman masjid Al Aqsa Sentani, Minggu pagi/ Andy

SENTANI – Seribuan umat muslim di Kabupaten Jayapura mengikuti Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Raya Al Aqsa Sentani, Minggu (11/8) pagi.

Dalam khotbah yang disampaikan oleh khatib Hj. Muhammad Naskar Permata Intan, mengungkapkan, dengan adanya hari raya berkorban, umat muslim harus mencontohi sifat nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan kepentingan pribadi demi orang banyak.

“ Melalui momentum Idul Adha 1440 Hijriah ini, saya mengajak semua umat muslim untuk mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Mari kita sama-sama menumbuhkan semangat toleransi dan kebersamaan diantara umat beragama di Kabupaten Jayapura ini,” ajaknha.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menekankan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Jayapura sesuai dengan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

“ Jadi yang mayoritas harus menjaga minoritas. Dan hari ini kita di Papua mayoritas Nasrani melindungi kita yang muslim sehingga kita bisa merasakan ketentraman, ketenangan sampai saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, saat ibadah perayaan hari raya umat muslim, banyak umat Nasrani yang membantu menjaga keamanan, membantu kebersihan, sehingga shalat Idul Adha dapat dilaksanakan dengan tertib. 

"Semoga menjadi satu semangat bagi saudara kita di luar Papua untuk menjaga toleransi kerukunan umat beragama,” tandasnya.**