Bertemu Para Tokoh Papua, Cawapres Gibran Janjikan Dorong RUU Masyarakat Hukum Adat

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat menemui para tokoh Papua di rumah Obee Sentani, Jumat (26/01/2024)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Bertemu Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Politik Papua, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka janjikan jika terpilih akan mendorong Rancangan Undang Undang (RUU) Masyarakat Hukum Adat di DPR agar ditetapkan sebagai Undang undang.

"Saya akan dorong RUU masyarakat hukum adat untuk melindungi tanah adat, tanah ulayat, hutan adat di Papua agar lebih berkeadilan," tegas Gibran saat berkampanye terbuka di Papua, Jumat (26/01/2024).

Dalam pertemuan dengan para tokoh di rumah obee (rumah adat sentani), Gibran juga menegaskan akan mendorong pemerataan pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi di bumi cenderawasih.

Ondofolo Sentani, Yanto Eluay dalam orasinya mengajak semua masyarakat adat Papua, khususnya masyarakat Tabi untuk memilih pasangan nomor urut 2 Prabowo - Gibran.

"Ini merupakan wujud capres - cawapres yang menghargai masyarakat Papua. Gibran datang untuk memohon doa restu dari masyarakat adat Papua," ucapnya.

"Tentunya kedatangan Gibran, sesuatu yang nilainya sangat berharga. Apalagi mas Gibran ini mau mendorong RUU masyarakat hukum adat, yang kita tau selama ini di Papua, persoalan yang seringkali dihadapi adalah masalah hak ulayat, masalah tanah adat yang merugikan masyarakat adat," jelas Yanto.

Yanto menyerukan kepada para pendukung pasangan nomor urut 2  agar sepakat tidak lagi menyebut Gibran sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

"Kita harus sepakat hari ini dari ujung timur Indonesia, kita lantik mas Gibran sebagai Wakil Presiden," serunya yang disambut riuh tepuk tangan massa pendukung yang hadir.**