Persipura Siap Berpartisipasi di Liga 1 Putri 2019

Rapat PSSI bersama perwakilan 10 klub sepak bola Indonesia membahas kompetisi Liga 1 Putri 2019 / Istimewa

JAYAPURA - Persipura Jayapura bakal memiliki klub sepak bola putri yang akan berlaga di kompetisi Liga 1 putri 2019. Hal ini sebagaimana yang telah disepakati dalam sebuah rapat yang digelar oleh PSSI di Jakarta.

Persipura bersama sembilan klub sepak bola Indonesia lainnya yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, PS TIRA Persikabo, PSM Makassar, Bali United, Arema Malang, PSIS Semarang, PSS Sleman dan Persebaya Surabaya telah menyatakan siap untuk meramaikan kompetisi sepak bola profesional putri itu.

Sekretaris umum Persipura, Rocky Bebena mengungkapkan bahwa berkiprah di kompetisi tersebut merupakan sebuah kewajiban bagi klub profesional di Indonesia.

"Mau tidak mau dan suka tidak suka kita harus mengikuti ini dan mempersiapkan tim untuk kompetisi yang dimaksud, karena ini nantinya menjadi penilaian grade. Karena itu memang salah satu syarat untuk memenuhi aspek lisensi klub AFC dan menyatakan diri sebagai klub profesional. Selain tim senior, harus ada tim akademi baik U-16, U-18 dan U-20 juga tim sepak bola putri," ujar Rocky, Senin (29/7).

Meski begitu, Rocky juga menyayangkan kompetisi putri tersebut baru akan diikuti oleh 10 klub saja. Menurutnya, setiap klub profesional sudah seharusnya berpartisipasi di semua kategori yang telah ditetapkan dalam regulasi FIFA maupun AFC.

"Kalau hanya 10 tim yang ikut kami sebenarnya sangat menyayangkan itu, karena mereka yang ada di tim profesional seharusnya bukan masalah siap atau tidak siap tapi itu hukumnya adalah wajib dalam status regulasi yang dikeluarkan oleh FIFA maupun AFC," pungkasnya.