BTM Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum Asprov PSSI Papua

Anggota Exco Asprov PSSI Papua terpilih berfoto bersama delegasi Askot dan Askab usai sidang pemilihan, Jumat (27/05)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Benhur Tomi Mano (BTM) kembali dipercaya sebagai Ketua Umum Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Papua periode 2022 - 2026. 

Sebagaimana hasil keputusan sidang Kongres Biasa Asprov PSSI Papua yang diikuti oleh delegasi Asosiasi Kota dan Kabupaten serta klub klub sepakbola yang ada di bumi cenderawasih, berlangsung di salah satu hotel Kota Jayapura, Jumat (27/05).

Dalam putusan sidang juga terpilih Wakil Ketua, Rocky Bebena dan tujuh anggota Exco yaitu Usman Wanimbo, Fahrudin pasolo, Daud Henry Arim, Malhai Mabel, Touskha Oktavia Stevelien Iba, Bobby Samuel Yakadewa,  Justince Mebri.

Ketua Komite Pemilihan, Fachruddin Pasolo kepada wartawan usai rapat pemilihan mengaku bersyukur bahwa musyawarah kali ini semua perwakilan Asosiasi Kota, Kabupaten, dan klub klub semuanya hadiri memberikan suaranya.

"Ini luar biasa, artinya PSSI ini kan menjadi cabang olahraga yang luar biasa, sehingga itu mereka datang dan mensukseskan musyawarah ini," ucap Fachruddin.

Sebagai Ketua Komite Kemilihan, Fahruddin memberikan apresiasi, penghargaan yang tinggi kepada para voter yang telah hadir menyukseskan musyarawarah kali ini.

"Saya terima kasih karena bisa sukses berjalan dengan mekanisme sidang sehingga kita bisa memilih Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Exco Asprov PSSI Papua untuk periode 2022-2026," ucapnya lagi.

Meski dalam persidangan pleno kedua berjalan alot, namun menurut Fahruddin itu adalah sebuah dinamika dalam bermusyawarah.

Di kesempatan itu, Fahrudin juga menghargai keputusan salah satu calon Exco, Parson Harota yang memilih mengundurkan diri dari pencalonan, mengingat ada delapan calon sementara kuota hanya tujuh.

"Beliau (Parson Harota) lebih memilih untuk memberikan yang lain masuk,  jadi ini luar biasa, karena kemarin dia juga kan Sekretaris. Ada tujuh kuota anggota Exco, sehingga dengan jiwa besar beliau mengundurkan diri," terang Fahrudin.

Ia menambahkan untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan membuat laporan untuk diserahkan ke PSSI Pusat untuk kemudian dikeluarkan SK (Surat Keputusan).

Sementara itu Ketua Umum terpilih, Benhur Tomi Mano yang tengah berada di Jakarta dalam sambutan singkatnya secara virtual menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua delegasi dari kabupaten kota juga klub klub sepakbola yang telah memberikan suaranya.

"Saya menyampaikan terima kasih, dan saya siap untuk melanjutkan Asprov PSSI Papua ke depan. Terima kasih," singkatnya.

Untuk diketahui Benhur Tomi Mano merupakan Wali Kota Jayapura dua periode dan telah mengakhiri masa jabatannya pada 22 Mei 2022. Selain menjabat Wali Kota, pria yang akrab disapa BTM ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Persipura, klub sepakbola kebanggaan masyarakat Papua.**