Hujan Deras, Jalan Sentani-Depapre Tertutup Longsor

Warga masyarakat bersama TNI Polri membersihkan longsoran yang menutupi badan jalan Sentani-Depapre/Istimewa

JAYAPURA,– Akibat Hujan Deras yang mengguyur Kabupaten Jayapura beberapa hari ini, akses  jalan Depapre – Sentani dan sebaliknya, tidak bisa dilalui kendaraan akibat badan jalan tertutupi longsoran tanah dan batu.

Melihat sulitnya akses jalan yang tertutup akibat lelongsoran Anggota Polsek bersama Koramil Depapre dan warga setempat berbondong membersihkan badan jalan menggunakan alat seadanya, Sabtu (5/1) pagi.

Kapolsek Depapre Ipda Usrianto, SE mengatakan curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini, akibat derasnya hujan tersebut material longsoran tanah maupun batu yang berada di atas gunung depapre menutupi badan jalan arah Depapre – Sentani dan sebaliknya, hingga mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang.

"Melihat hal tersebut anggota Polsek Depapre bersama Koramil Depapre dan masyarakat setempat yang mendatangi lokasi kemudian melakukan pembersihan dengan alat seadanya untuk menghindari kemacetan arus lalulintas," katanya.

Kata  Usrianto, apabila kondisi lelongsoran itu tidak cepat diambil langkah maka dampaknya akan mempengaruhi perekonomian.

"Apabila akses arus lintas depapre-sentani dan sebaliknya menjadi putus maka dapat berdampak pada beberapa faktor salah satunya faktor perekonomian oleh sebab itu kami secara bersama-sama langsung bertindak membersihakn material longsor yang menutupi badan jalan agar tidak berdampak pada yang lainnya," tuturnya.

Kapolsek menghimbau kepada warga pengguna jalan untuk lebih berhati-hati lagi dalam berkendara apalagi jika cuaca tidak bersahabat dan saat ini sedang musim hujan. *