Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Balik Nataru, SAR Jayapura Siapkan Kapal Cepat

Kapal Cepat RB 222 yang di siagakan SAR Jayapura di wilayah Teluk Yos Sudarso Jayapura/Humas SAR Jayapura

JAYAPURA,- Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat arus balik Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menyiagakan Kapal Cepat RB 222 di wilayah Teluk Yos Sudarso Jayapura.

Kapal berkapasitas 100 penumpang ini disiagakan sejak H-5 hingga H+5 arus balik liburan Nataru.

"Kapal cepat RB 222 ditempatkan di dermaga SAR Dok 9 Jayapura lengkap dengan petugas SAR sebanyak 70 personil untuk memantau arus balik ini," kata Kepala SAR Jayapura Putu Arga Sujarwadi dalam realise yang diterima Wartaplus.com, Minggu (30/12) pagi.

Selain itu kata Putu, kapal cepat ini juga untuk mengantisipasi jika terjadi musibah pelayaran di wilayah laut Jayapura. "Jadi kapal ini tidak hanya mengantisipasi lonjakan penumpang, tapi juga siaga jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan laut," ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Siaga dan Latihan Basarnas Pusat, Nanang Sigit yang meninjau langsung ke lokasi mengatakan, tujuan dari Direktorat Kesiapsiagaan Basarnas meninjau langsung ke lokasi adalah untuk melihat kesiapan sarana yang digunakan baik Kapal maupun alut SAR lainnya.

"Kita ingin memantau pergerakan tim yang sedang patroli di tempat-tempat yang menjadi tujuan tim serta melihat kendala apa saja yang terjadi dilapangan, sehingga bisa menjadi masukan bagi Direktorat Kesiapsiagaan Basarnas Pusat sebagai bahan evaluasi dalam peningkatan dan perbaikan di tahun yang akan datang," terangnya.

Nanang juga meminta kepada personil SAR yang sementara bertugas untuk menjaga performa fisik dan tetap mengutamakan keselamatan saat melakukan tugas dilapangan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan bersama. *