Kotak Hitam Pesawat SAM Air PK-SMW Hilang

Salah satu personil SAR Jayapura sedang melakukan pencarian kotak hitam diantara puing puing pesawat SAM Air yang jatuh di hutan Yalimo/Humas SAR Jayapura

JAYAPURA, wartaplus.com – Kasubsi Operasi dan Siaga SAR Jayapura, Marinus Ohoirat memastikan bahwa kotak hitam atau black box milik Pesawat Sam Air PK-SMW hilang dan tidak ditemukan oleh Tim SAR gabungan.

“Untuk kotak hitam pesawat hilang sehingga pencarian tidak dilanjutkan,” kata Marinus Ohoirat dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartaplus.com pada Rabu (28/06) sore.

Marinus menduga bahwa kotak hitam pesawat Sam Air terlepas dari ekor pesawat saat kecelakaan terjadi.

“Dugaan kita bahwa kotak hitam terlepas dari badan pesawat saat kecelakaan terjadi. Tim SAR di lapangan sudah berupaya melakukan pencarian, tapi tidak ditemukan,” jelasnya.

Dengan demikan, maka seluruh personil SAR gabungan di lokasi pun ditarik menuju ke Wamena.

“Tadi pagi seluruh personil SAR berjumlah 12 orang sudah dijemput menggunakan helikopter ke Wamena. Kita bersyukur semua personel dalam keadaan selamat,” ujarnya.

Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder terkait yang membantu proses pencarian dan evakuasi terhadap enam korban pesawat Sam Air yang jatuh di hutan Yalimo, Papua Pegunungan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian dan evakuasi pesawat SAM air ini. Tuhan yang maha Esa akan membalas semua kerja keras ini,” ucapnya.**