Dorong Kesejahteraan Masyarakat, Mama-Mama Papua Dilatih Membatik

Mama Papua saat mendapatkan pelatihan oleh Binmas Noken/Istimewa

JAYAPURA,- Binmas Noken Polri kembali tak henti - hentinya membuat terobosan - terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat Papua. Kali ini terobosan tersebut ditujukan ke Kelompok Tani Muthito yang bertempat di Kampung Wanggar Kabupaten Nabire.

Terobosan yang dilakukan yakni pelatihan cara membatik menggunakan warna alami berupa bahan dari kunyit, yang sudah dihaluskan menjadi serbuk.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kasatgas Binmas Noken Kombespol Dr. Eko Rudi Sudarto beserta rombongan.

Sebelum melaksanakan kegiatan menarik tersebut, kelompok tani muthito terutama mama - mama diberikan pelatihan dahulu yang dibawakan langsung oleh  instruktur,  Ibu Neden dengan memberikan tatacara mengolah batik dan memberikan warna dengan benar, sebelum di aplikasikan oleh mama - mama kelompok tani muthito tersebut.

Setelah dilaksanakanya pelatihan tersebut, Ibu Neden memberikan kesempatan kepada mama - mama kelompok tani muthito untuk membuat batik dengan cara mewarnai tersebut di baju polos yang sudah disediakan oleh tim, dan setelah dilakukannya praktek, baju yang sudah dibatik tersebut langsung di jemur guna mendapatkan hasil yang bagus.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, Kasatgas Binmas Noken Kombes pol Eko Rudi Sudarto menuturkn bahwa tim binmas noken polri sudah datang kedua kalinya di Kampung Wanggar Kabupaten Nabire, dan pelatihan ini sebagai bentuk keseriusan binmas noken polri untuk membangun dan membantu masyarakat kelompok tani muthito agar lebih mandiri dan bisa membuka usaha setelah dilakukannya pelatihan membatik tersebut.

"Dengan dilakukanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan dan membantu ekonomi masyarakat kelompok tani muthito yang ada di Kampung Wanggar Distrik Kaladiri II, Kabupaten Nabire," ucap Kasatgas binmas noken. *