Sambut Natal dan Tahun Baru, Basarnas Jayapura Siagakan 70 Personel

Sejumlah anggota SAR Jayapura mengikuti apel di halaman kantor, Jumat sore/Andy

JAYAPURA,– Guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan bersama seperti kecelakaan transportasi darat, udara, dan laut selama perayaan natal dan tahun baru (Nataru), Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura menyiagakan sedikitnya 70 personil yang ditempatkan pada sejumlah posko yang tersebar di wilayah kerja Kantor SAR Jayapura.

Dari sejumlah posko yang sudah ditetapkan, terdapat tiga posko utama yakni Posko Induk di Kantor Pencarian dan pertologan Jayapura, Posko Pos Pencarian dan Pertolongan Sarmi dan Posko Pos Pencarian dan Pertolongan Wamena.

Kepala Kantor Pencaraian dan Pertolongan Jayapura Putu Arga Sujarawdi, mengatakan bahwa dalam menyambut hari raya natal dan liburan tahun baru 2019 , isntensitas moda transportasi udara dan darat yang membawa masyarakat begitu membeludak sehingga perlu dilakukan antisipasi sejak dini.

“Basarnas Jayapura sangat peduli tentang itu, sehingga kita menurunkan 70 personil untuk menempati titik yang menjadi perhatian yakni di bandara dan pelabuhan yang tergabung dengan instansi terkait dalam posko pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2019 untuk berkoordinasi dan bersinergi,” kata Putu kepada pers di Sentani, Jumat (21/12) sore,

Di samping personil yang disiapkan kata Putu, pihaknya juga menambah sarana dan prasarana dan prasarana dalam penguatan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2019.

“Dalam melaksanakan uugas, kita juga didukung dengan sarana dan prasarana baik di dara maupun di laut yang telah disiagakan di beberapa tempat yakni kapal cepat SAR Rubber Boat 222 dengan panjang 36 Meter yang ditempatkan di dermaga SAR dok 9 Jayapura, Rigit Inflatable Boat yang di tempatkan di Pos Sarmi dan di di Danau Sentani,” terangnya.

Putu juga menghimbau kepada semua pelaku usaha tranportasi udara dan laut memperhatikan safety dan kapasitas penumpang.

“Kita himbau kepada semua pelaku usaha transportasi agar tidak memaksakan kehendak dengan menambah penumpang diluar dari kapasitas dan juga melihat cuaca yang tidak menentu,” harapnya.

Putu menambahkan, sejak kemarin Basarnas Jayapura telah melakukan patroli Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2019 ke titik yang dinilai rawan musibah dan kecelakaan.

“Siaga SAR Khusus juga dilakukan pada obyek wisata yang menjadi tempat hiburan masyarakat yaitu pantai dengan memperhatikan cuaca yang sudah memasuki musim penghujan dan gelombang pantai agar lebih waspada dan berhati-hati,” tandasnya. *