Wasit Kotori Laga Derby Papua

Tinus Pae yang nampak kecewa saat diganjar kartu kuning oleh sang wasit, Rully Ruslin/Galery_Persipura

JAYAPURA,- Meski telah mengakui kemenangan Perseru Serui di laga Derby Papua, Persipura Jayapura tetap mengecam kinerja sang wasit, Rully Ruslin yang memimpin laga tersebut.

Rully dinilai telah mengotori laga terakhir Liga 1 2018 itu dengan keputusan-keputusan kontroversial yang sempat membuat tensi pertandingan menjadi panas.

Pelatih kiper Persipura, Alan Haviludin yang menggantikan posisi Oswaldo Lessa sementara waktu juga mengungkapkan kekesalannya atas kinerja wasit Rully.

"Kita mengakui kemenangan Perseru dan kita ucapkan selamat. Tapi yang menjadi ganjalan buat kami adalah bagaimana kinerja wasit di pertandingan tadi," kesalnya.

Pelatih kiper asal Bojonegoro ini juga mempertanyakan tim pemantau PSSI yang turut hadir di laga tersebut. Menurutnya, kenapa harus tim dan pemain saja yang terus digembosi.

"Saya pertanyakan apakah evaluasi yang dilakukan tim pemantau yang datang kesini untuk tim yang berlaga saja atau wasit juga? Karena secara psikologis wasit sudah meneror para pemain saya," ujarnya geram.

"Kita tidak bisa fokus strategi dan tidak bisa kita buat apa-apa karena wasit membuat kita terganggu," tuturnya.

Tak kalah kecewa, gelandang Persipura, Imanuel Wanggai juga mengaku kesal dengan kepemimpinan wasit Rully. Meski ia juga mengakui kemenangan Perseru.

"Sangat kecewa dengan laga ini. Tidak ada fokus bermain karena kita terganggu sekali dengan wasit. Tolong bawah laporan ini ke komdis PSSI dan kenapa harus pemain dan tim saja yang dihukum, tapi kenapa tidak wasit-wasit yang dihukum," tekannya dengan nada kesal. *