Basarnas Jayapura Tingkatkan Sinergitas dengan Unsur Potensi SAR

Suasana coffe morning Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura dengan unsur potensi SAR di kantor SAR Jayapura/Andy

SENTANI,– Guna mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergitas antarlembaga, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura melaksanakan coffee morning dengan unsur potensi SAR yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura, Jumat (9/11) pagi.

“Dengan moment seperti ini kita tingkatkan sinergitas dan koordinasi antar stakholder terkait informasi cuaca, bencana dan musibah yang tidak bisa kita prediksi, sehingga kita bisa bekerjasama dalam menanggulangi bencana yang terjadi di daerah kita,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Putu Agra Sujaarwadi kepada pers di Sentani, Jumat (9/11) siang.

“Ini juga untuk mengajak setiap stekholder, masyarakat, pemerintah daerah, TNI/Polri untuk membangun, menjaga wilayah kerja yang ada di kantor SAR Jayapura ini, sehingga saat di lapangan kesiapsiagaan dan kinerja kita maksimal,” lanjutnya.

Putu menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Jayapura untuk selalu waspada, karena saat ini sudah memasuki musim hujan dan mengantisipasi terjadinya bencana.

“Sekarang sudah masuk musim hujan, jadi kita himbau masyarakat untuk selalu waspada saat melakukan aktifitas, hindari tempat-tempat yang sering terjadi bencana,” ajaknya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, mengungkapkan kesiapsiagaan dan sinergitas perlu dijaga antarpotensi SAR sehingga saat menghadapi bencana bisa berjalan baik.

“Sebelum bencana itu terjadi, kita perlu menjaga sinergitas itu, sehingga saat berada dilapangan masing-masing stakeholder tau apa kerjanya,” ucapnya.

Giri mengaku bahwa sejauh ini kerjasama antarpotensi SAR sudah maksimal, sehingga perlu ditingkatkan dan dieratkan lagi. “Kerjasama kita sejauh ini sudah maksimal, tinggal bagaimana kita pererat lagi ke depan, semoga tetap terjaga,” tandasnya. *