Satgas TNI Mengajar di SD Kampung Nusa Luna Kaimana

Serda Hartono mengajar bagaimana arti dan makna dari kebangsaan NKRI, juga kenalkan huruf dan angka kepada siswa/Istimewa

KAIMANA,- Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kabupaten Kaimana tidak hanya membangun fisik, namun kegiatan nonfisik juga dilaksanakan.

Salah satunya adalah Satgas TNI mengajar di Sekolah Dasar (SD) Kampung Nusa Ulan, Distrik Buruway, Kabupaten Kaimana, Jumat (19/10). Menjadi guru bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, namun dengan keterbatasan dan kelebihan para Satgas TNI Kodim 1713 di Kaimana, Serda Hartono menyambangi SD Negeri Nusa Ulan untuk menjadi pengajar di kampung tersebut.

Di hadapan siswa/siswi, Serda Hartono mengajar bagaimana arti dan makna dari kebangsaan NKRI, juga kenalkan huruf dan angka kepada siswa/i.

"Pendidikan dan kesehatan merupakan program Nasional yang harus dilaksanakan sampai ke daerah terisolir, namun kali ini Satgas TNI fokus pada pendidikan seperti yang dilaksanakan di pusat program TMMD di Kampung Nusa Ulan," ungkap Serda Hartono.

Ia mengaku sangat banggga karena bisa berdiri di hadapan siswa sebagai pengajar. Menurut Serda Hartono bahwa, sebagai aparat keamanan di satuan TNI AD, pihakan juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kali ini Ia bertindak sebagai pengajar, apalagi para pengajar di Papua pada umumnya sangat terbatas, maka edukasi kepada siswa sangat penting melalui program TMMD.

Di sisi lain melalui program TMMD di Kampung Nusa Luna ini, pihak TNI-AD ikut membantu pemerintah Kaimana mengurangi dan menekan tingginya buta aksara di tengah masyarakat.

Kehadiran Satgas TNI-AD di sekolah itu menjadikan motifasi bagi siswa dan tenaga pengajar di SD Nusa Luna Kaimana, sebab upaya TNI untuk mengajak semua rakyat menjaga kokohnya NKRI dari Sabang hingga Merauke. *