Besok Gubernur Waterpauw Dikukuhkan Jadi Kepala Suku Besar Asli Kaimana

Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw.,M.Si/Istimewa

LAKAHIA,wartaplus.com - Setelah dikukuhkan oleh Kepala Suku Besar Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Wondama Sefnat Kurube Djau dan Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama Adrian Worengga sebagai anak adat dan sesepuh  Kuri Wamesa, Jumat (13/10/2023) lalu.

Besok Rabu (17/10/2023) siang Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw.,M.Si akan dikukuhkan sebagai Kepala Suku Besar Asli Kaimana.

Ini diungkapkan Bupati Kaimana  Freddy Thie di Balai Kampung Boiya, Distrik Teluk Etna, Lakahia kepada puluhan warga masyarakat saat menemani kunjungan kerja Gubernur Waterpauw dan Ketua Tim Pengggerak PKK Ny. Roma Megawanty P. Waterpauw., S.Kom.,M.Si, Selasa (17/10/2023).

"Saya mendapat info dari dewan adat suku-suku yang ada di Kaimana bahwa pengukuhan akan dilakulan besok siang. Dan saya mengharapkan dengan pengukuhan ini, beliau akan jadi payung besar warga Kaimana,"ujar Bupati disambut tepuk tangan warga. "Setuju kah tidak,"tanya Bupati. "Setuju,"ujar warga dengan suara kompak juga nyaring.

Diketahui ada delapan suku di Kaimana yakni suku Mairasi, suku Kuri, suku Irarutu, suku Oburau,  suku Medewana, suku Napiti,  suku Myere, dan suku Kouwayi.*