Bupati Jayapura Pastikan FDS XI Tampil Beda

Tampak sejumlah pekerja mempercepat penyelesaian pekerjaan panggung utama Festival Danau Sentani/Fendi

SENTANI,- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw memastikan bahwa pergelaran Festival Danau Sentani (FDS) XI tahun 2018 yang akan digelar tanggal 19-23 Juni akan tampil berbeda dari festival-festival sebelumnya, karena lebih banyak menampilkan budaya dan kesenian.

“Kali ini FDS akan tampil berbeda. Tidak ada stand-stand OPD maupun dari distrik disini, sehingga tampak seperti pameran pembangunan. Tapi kali ini benar-benar akan menampilkan budaya, kesenian dan memberikan hiburan kepada masyarakat," kata Bupati kepada wartawan di lokasi FDS, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (18/6) sore.

Selain itu kata Bupati, dalam festival tahun ini akan menampilkan kuliner asli daerah, kemudian juga cara membuat sagu dari proses awal hingga selesai, dan beberapa penampilan lainnya.

"Kuliner asli akan ditampilkan oleh ibu-ibu kita disini, ada juga festival sagu, yakni cara membuat sagu dari proses awal hingga selesai, dan tarian kolosal yang akan dilakukan oleh kurang lebih 150 pelajar, dan hal-hal baru lainnya yang akan ditampilkan," ujarnya.

Persiapan Sudah 90%

Bupati menyampaikan, untuk kesiapan pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) ke-XI sudah mencapai 90%, dan dipastikan Selasa (19/6) besok, semua sudah siap.

"Kesiapan sejauh ini sudah mencapai 90%, hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan sementara dipersiapkan dan ditata. Kekurangannya tinggal sedikit, tapi tidak mengurangi semangat untuk pembukaan besok, sesuai dengan yang telah direncanakan," ucapnya.

Lanjut Bupati, pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) XI tidak akan dihadiri perwakilan kementrian Pariwisata, tetapi akan dibuka oleh Penjabat Gubernur Papua.

“Biasanya kita punya FDS ini kementerian yang buka, tapi tahun ini kita berikan kesempatan untuk orang kementerian yang tutup. Mengapa? Karena suasananya kurang pas mengingat baru selesai puasa dan lebaran, jadi orang masih sibuk sampai dengan tanggal 22 Juni," jelasnya.

"Jadi untuk pembukaan kita harap Pak Gubernur yang buka, nanti dari pihak kementrian itu pada puncak acaranya tanggal 23 Juni," tambahnya.

Ia mengimbau kepada semua masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk hadir dan menyaksikan pertunjukan budaya dalam Festival Danau Sentani (FDS) XI tahun 2018.

"Mari bersama-sama melihat pertunjukan budaya yang akan ditampilkan dan melihat keberagaman yang kita miliki di dalam kehidupan, sehingga menjadi semangat untuk membangun daerah ini," tandasnya. *