Tujuh Kantor Dinas Pemkab Jayapura Nyaris Dibakar OTK

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen/Andy

SENTANI, wartaplus.com – Sebanyak tujuh kantor dinas yang terletak di gedung B Kantor Bupati Jayapura nyaris dibakar oleh Orang Tak Dikenal (OTK) pada Sabtu (04/11) malam.

Tujuh dinas itu antara lain Dinas Pendidikan, Kantor Bapeda, Kantor DPMK, Kesbangpol, Kantor BKSDM, Satpol PP dan Perindagkop.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen, mengatakan, percobaan pembakaran gedung B Kantor Bupati itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIT. Namun berhasil digagalkan oleh personil polisi dan Satpol PP yang tengah berpatroli.

"Percobaan pembakaran itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIT. Saat itu ditemukan satu orang yang  membakar ban ditempat sampah tepat di belakang gedung B kantor bupati,” kata Kapolres saat dikonfirmasi pada Senin (06/11) siang.

Kapolres menyebut, upaya pembakaran gedung B Kantor Bupati dilakukan oleh dua orang tak dikenal. Namun setelah anggota mendekati lokasi kejadian, kedua pelaku melarikan diri dengan melompat pagar belakang.

“Anggota yang berpatroli sempat melihat ada satu empat orang yang sementara membakar ban, namun setelah dikejar mereka kabur dengan melompat pagar belakang. Bahkan di luar pagar juga ada yang sudah menunggu,” beber Kapolres.

Pasca kejadian tersebut, pihaknya langsung memperketat pengamanan di Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura untuk mencegah aksi serupa kembali terjadi.

“Kita sudah menambah personil untuk pengamanan di Kantor Bupati untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian susulan,” tuturnya.

Sebelumnya, enam kantor dinas yang berada di gedung D Kantor Bupati Jayapura ludes terbakar pada Minggu (29/10) pagi.

Enam dinas itu adalah Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan.**