Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

Pj Sekda Papua, Derek Hegemur saat memberikan sambutan di peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28/Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua menggelar peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28, pada Jumat, 26 April 2024 di salah satu hotel Kota Jayapura.

Peringatan Hari Otda dirangkaikan dengan penutupan kegiatan Musrenbangda yang diikuti oleh jajaran Pemprov Papua dan pemda dari 9 Kabupaten/Kota.

Sambutan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan  bahwa sesuai tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat",  ini dimaksudkan untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah, akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

Serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan, untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Berkaitan dengan arahan Mendagri tersebut, Pj Sekda Papua Derek Hegemur secara tegas menyatakan pemerintah provinsi Papua siap menindaklanjuti.

"Arahan Mendagri kepada seluruh pemerintah daerah jelas bahwa di usia ke-28 otonomi daerah pelaksanaannya harus memberikan dampak kepada masyarakat termasuk di tingkat lokal," kata Pj Sekda kepada wartawan usai acara.

Dampak yang dimaksud , lanjut Derek adalah bagaimana di tahun 2024 ini, pemerintah Papua akan fokus pada pembangunan ekonomi hijau dan lingkungan sehat.

Seperti pengelolaan sumber daya alam yang lebih efisien dan berkelanjutan, sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan

“Sehingga terciptanya pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta adil bagi kemajuan bangsa dan negara dan bermanfaat bagi generasi Papua di masa yang akan datang,” jelasnya.

Derek menambahkan, Pemprov Papua bersama daerah lainnya baru saja melewati Pemilihan Umum (Pemilu) dengan segala dinamikanya, untuk itu ia mengajak seluruh pemangku kepentingan, stakeholder untuk mari bersama meningkatkan taraf hidup masyarakat di bumi cenderawasih.

"Atas nama pemerintah daerah Provinsi Papua kami menyampaikan selamat hari otonomi daerah yang ke-28,” katanya. Di usia ini mari kita bersama untuk terus memberikan kesejahteraan serta pembangunan yang lebih tepat sasaran,” tutupnya.**