Abubakar Kogoya, yang Ditembak Mati Aparat Gabungan Diketahui Terlibat Sejumlah Aksi Penembakan di Tembagapura

Abubakar Kogoya, Komandan Operasi Kodap 8 Intan Jaya yang tewas ditembak aparat gabungan di Tembagapura/Humas DC 2024

JAYAPURA, wartaplus.com - Aparat gabungan dari Satgas Ops Damai Cartenz, Satgas Amole dan Satgas Nanggala berhasil menembak mati dua orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam kontak tembak yang terjadi di sekitar kali kabur, Mile 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Kamis sore (04/04/2024).

Kedua anggota KKB yang tewas diketahui bernama Abubakar Kogoya dan Demianus Magay. Dalam kontak tembak itu, aparat gabungan juga berhasil menyita satu buah senjata laras pendek beserta amunisi.

Ka Ops Damai Cartenz dalam rilis tertulisnya, Jumat (05/04/2024) menuturkan, kedua jenazah KKB telah berhasil diidentifikasi.

Satu jenazah diidentifikasi sebagai Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni. Jabatannya dalam KKB adalah sebagai Komandan Operasi Umum Kodap 8 Intan Jaya. Satu jenazah lainnya yaitu Damianus Magay alias Natan Wanimbo hal ini sesuai dengan KTP yang melekat pada jenazahnya.

"Berdasarkan ciri-ciri fisik dan hasil kroscek dengan jaringan KKB kelompok Gusby Waker yg saat ini menjadi warga binaan di Lapas, mereka mengatakan bahwa jenazah KKB tersebut mereka kenal dengan nama Natan Wanimbo yang merupakan Komandan Operasi Umum wilayah Sorong sampai Merauke," terang Faizal.

Abubakar Kogoya diketahui terlibat dalam sejumlah aksi penyerangan yang terjadi di wilayah Timika khususnya di Tembagapura dan Intan Jaya.

“Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni memiliki peran dalam berbagai gangguan kamtibmas yang terjadi," ungkap Faizal.

Pertama yaitu, terlibat dalam aksi penembakan terhadap anggota Brimob Bharada Almin dan Brigadir Mufadol di mile 69 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, 21 Oktober 2017 lalu. Aksi tersebut mengakibatkan korban terkena peluru dan mengalami luka tembak di bagian perut kanan dan kaki kanan.

Lalu pada 14 November 2017, Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni terlibat dalam penembakan terhadap mobil LWB di mile 69 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika yang mengenai bagian badan mobil, dan paha kiri korban atas nama Raden Totok Soedewo.

“Tak berhenti disitu, pelaku kembali membuat aksi gangguan Kamtibmas pada tanggal 30 maret 2020, dimana ia terlibat penembakan warga sipil di Parkiran Gedung OB-1, alun-alun kuala kencana Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika. Insiden tersebut menewaskan 1 orang warga negara asing dan menyebabkan 2 orang lainnya terluka,” terang Ka Ops Faizal.

Selain itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa berdasarkan catatan kriminal di kepolisian, Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni adalah sosok KKB yang aktif terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan yang mengancam keamanan di wilayah Mimika.

“Pengungkapan aksi kejahatan  Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni dan tindakan tegas yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 adalah bagian dari upaya Polri untuk menegakkan hukum, melindungi warga, dan menjaga keamanan di wilayah Papua khususnya Mimika dari ancaman kelompok kriminal bersenjata,” tegas Kasatgas Humas Bayu.

Kedua jenazah pada Jumat siang telah dimakamkan di kampung Utikini, Distrik Tembagapura.**