Gubernur Waterpauw: Junjung Tinggi Pengembangan Seni Budaya Papua Barat

Pembukaan Festival Seni Budaya Papua Barat Ke-VIII Tahun 2023/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Beragam lomba yang dipertandingkan pada gelaran Festival Seni Budaya Papua Barat Ke-VIII Tahun 2023 merupakan bentuk mendorong kreativitas peserta. Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw.,M.Si menekankan agar semua pihak menjunjung sportivitas.

Selanjutnya patut menjadi perhatian Festival ini bukan ajang untuk menjustifikasi, bahwa seni budaya dari satu kabupaten lebih baik dari kabupaten lainnya. Akan tetapi memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa

"Seni budaya dari semua kabupaten di Provinsi Papua Barat merupakan yang terbaik bagi kita semua dan layak untuk merepresentasikan wajah provinsi Papua Barat. Karenanya, keputusan mengenai urutan pemenang pada setiap mata lomba dalam festival ini hanyalah upaya untuk mengukur capaian prestasi terhadap pembinaan bidang kesenian dan kebudayaan yang telah dilakukan selama ini, baik oleh pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi,"jelas Pj. Gubernur Waterpauw dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Sekda  Melkias Werinusa.,SE.,MH dalam Pembukaan Festival Seni Budaya Papua Barat Ke-VIII Tahun 2023, Selasa (10/10/2023).

Pesan yang sama juga ditujukan kepada para juri, agar kiranya dapat memberikan penilaian secara akurat dan objektif. Ia meyakini, melalui pengalaman dan rekam jejak yang sudah teruji, para juri akan tetap menjaga integritas dalam memberikan penilaian.

"Pesan saya, berkompetisilah secara sehat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai sportivitas dan semangat kebersamaan sebagai sesama anak bangsa di wilayah provinsi Papua Barat,"pesannya.*