Tutup TMMD ke-117 di Pulau Wakde Sarmi, Ini Harapan Kasrem 172/PWY

Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto secara resmi menutup kegiatan TMMD ke-117 TA 2023 Kodim 1712/Sarmi di Pulau Wakde, pada Kamis (10/08) lalu/Penrem172

SARMI, wartaplus.com - Dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional, TNI berkewajiban untuk mendukung terciptanya sasaran strategis dan prioritas nasional sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, TNI juga berkewajiban untuk menjaga stabilitas keamanan dalam rangka menjamin pembangunan nasional. Salah satu programnya dan kegiatan prioritas dalam bidang teritorial Tahun Anggaran (TA) 2023 yaitu Program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD,  yang berpedoman kepada "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat".

Berkaitan dengan program TMMD, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto secara resmi menutup kegiatan TMMD ke-117 TA 2023 Kodim 1712/Sarmi di Pulau Wakde, pada Kamis (10/08) lalu. Upacara penutupan berlangsung di Pelabuhan Sarmi.
Dalam amanatnya, Kasrem  menekankan kepada Anggota Kodim 1712/Sarmi agar dapat menyelesaikan TMMD.

"Kami sangat menuntut keras pada satuan Kodim 1712/Sarmi agar dapat menyelesaikan tugas yang diberikan komando atas," tekannya.

TMMD dibuka secara resmi pada tanggal 2 Juli - 10 Agustus 2023 sebagaimana yang telah berjalan sampai dengan penutupan.

"Kami berharap dengan adanya TMMD kali ini dapat membantu masyarakat Pulau Wakde dan juga membantu pembangunan dan infrastruktur di wilayah Kodim 1712/Sarmi," ucapnya.

Dalam paparan pelaksanaan TMMD yang disampaikan oleh Wadansatgas TMMD Mayor Inf Ahmad menyampaikan bahwa mulai dari perencanaan sampai dengan berjalannya proses kegiatan TMMD fisik maupun nonfisik telah dicapai 100 persen.

“Kegiatan TMMD secara fisik dan nonfisik yang telah dilaksanakan antara lain Fisik yaitu pembangunan 10 unit rumah masyarakat, pembangunan 1 unit PAUD, renovasi 6 unit rumah masyarakat.  Sementara Nonfisik yaitu pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan pariwisata, Wasbang (Mencintai Tanah Air dan Bela Negara) dan pemutaran film wawasan kebangsaan,” paparnya.

Dalam penutupan TMMD turut dihadiri Setda kabupaten Sarmi (Bapak Moar), Wadannal Sarmi, Wakapolres Sarmi, Sekertaris Pariwisata (Ibu Bernike Yarisetouw), dan UPD Kabupaten Sarmi.**