Provinsi Papua Barat Berhasil Raih Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Zainuri memberi penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang diterima Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. M.Si, Jumat (3/2/2023)/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - PKP Provinsi Papua Barat Serahkan LHP dan Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat Manokwari (03/02/2023) pagi.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan  Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Barat, Zainuri, didampingi Koordinator  Pengawasan (Korwas) JFA Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP  (P3A) dan Korwas JFA Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Tahun 2022 kepada Gubernur  Waterpauw.

Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2022 ini diterima langsung oleh
gubernur dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Inspektur  Provinsi Papua Barat dan Bupati Manokwari.

Pada acara ini, juga dilakukan
Penyerahan Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah berhasil meraih Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3.

Dalam laporan hasil pengawasan tersebut berisi mengenai hasil Agenda Prioritas
Pengawasan (APP) yang berfokus pada Reformasi Pembangunan SDM, Penguatan
Infrastruktur dan Konektivitas, Akuntabilitas Keuangan Negara dan Daerah,  Pemulihan Ekonomi, Ketahanan Pangan, Penguatan Penyelenggaraan Pemerintah  yang Baik dan Bersih, dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem serta Agenda Prioritas

Pengawasan Daerah (APPD) yang telah dilaksanakan Perwakilan BPKP ProvinsiPapua Barat. Pada kesempatan ini, Zainuri mendorong agar Pemerintah Provinsi Papua Barat  dapat mencapai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Manajemen Risiko  Indeks (MRI) dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) level 3.  “Kami berharap, Pemprov dapat mencapai level 3 baik SPIP, MRI maupun IEPK," ujar Zainuri.

Dirinya juga meminta dukungan kepada gubernur mengenai penugasan evaluasi perencanaan dan penganggaran atas program yang ada di Provinsi Papua Barat Tahun 2023.

Sementara itu Gubernur Waterpauw menyampaikan apresisasi dan terima kasih kepada  BPKP. Ia turut berkomitmen untuk mendukung agenda pengawasan yang dilakukan  Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.*