BPK Beri Apresiasi Tertinggi, Puncak Jaya Terima WTP Tiga Kali Berturut

Kepala BPK RI Perwakilan Papua, Arjuna Sakir menyerahkan LHP LKPD 2021 kepada Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S. Sos, S.IP, MM/dok:ProkopimPJ

JAYAPURA, wartaplus.com - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Papua memberikan apresiasi tertinggi kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2021.

Ini merupakan tahun ketiga secara  berturut dibawah kepemimpinan Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S. Sos, S.IP, MM, kabupaten Puncak Jaya menerima opini WTP dari BPK.

Penyerahan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) secara simbolis diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Prov. Papua, Arjuna Sakir kepada Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S. Sos, S.IP, MM, di kantor BPK Kota Jayapura, Jumat (20/05).

Kepala BPK RI Perwakilan Papua, Arjuna sakir menyampaikan selamat atas opini WTP untuk ketiga kalinya berturut-turut kepada Kabupaten Puncak Jaya. 

"Tidak ada hal signifikan yang harus menjadi perbaikan terkait hasil LHP sebagai gambaran akan Pengelolaan pemerintahan dan penganggaran sudah baik di Puncak Jaya. Selamat kepada Bupati dan jajaran," ucapnya.

Ia menambahkan, kerjasama dari setiap Satker (Satuan Kerja) /Kepala OPD dan pemangku kepentingan sangat proaktif dan koperatif dalam mendukung tim auditor proses selama pemeriksaan. Meski begitu, ada tujuh poin rekomendasi yang bersifat administratif yang masih harus disempurnakan. 

Penyerahan disaksikan langsung Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Kepala BPKD Yubelina Enumbi, SE, Kepala Inspektorat Drs. M. Ahyar, M. AP didampingi Sekretaris DPRD Puncak Jaya Daud Wendamili, SH, M. KP. 

Sementara itu, Bupati Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM kepada wartawan menyampaikan terimakasih atas opini yang diberikan oleh BPK Perwakilan Papua kepada jajarannya.

"Terima kasih kepada Pimpinan BPK RI dan tim atas opini ini sekaligus kami sebagai kabupaten pertama di Papua yang menerima langsung LHP ini. Tentu, hasil ini bukan karena kerja keras satu orang atau beberapa pihak tertentu saja, namun hal ini adalah kerjasama dari semua pihak baik Pemerintah, DPRD dan Kepala OPD, seluruh masyarakat, ormas serta stakeholder," ungkap Bupati.

Ia berharap prestasi ini menjadi motivasi dan tetap terus dipertahankan ke depan. 

Dalam kesempatan itu juga, Bupati mengungkapkan penekanan dari LHP perlu disempurnakan khususnya pengelolaan aset pemerintah daerah yang masih dikuasai oleh beberapa pihak diluar pemda. 

Kepala Inspektorat, Drs. M. Ahyar, M. AP menambahkan, kedepan pihaknya akan terus membenahi aspek SDM khususnya auditor internal Inspektorat dalam mengawasi jalannya pembangunan dan  pemerintahan di Puncak Jaya.(Adv/ProkopimPJ)