Anggota Polres Mimika Ini Berhasil Bawa Indonesia ke Final Piala AFF Futsal Championship 2022

Pemain Timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena yang ternyata seorang Polisi berpangkat Briptu dan kini bertugas di Polres Mimika/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Nama pemain Tim Nasional Futsal Indonesia, Evan Soumilena saat ini tengah menjadi sorotan. Hal ini berkat penampilan terbaiknya saat berlaga di ajang AFF Futsal Championsip 2022.

Pada pertandingan awal babak penyisihan Grup A, Evan Soumilena berhasil menyumbangkan dua gol saat bertanding melawan tim Brunei Darussalam, dan dua gol saat menghadapi Malaysia.

Sementara itu pada pertandingan final melawan Thailand, Minggu (10/04),  Evan juga menjadi salah satu pemain kunci. Dirinya berhasil mencetak satu gol dan berhasil membawa Indonesia menahan imbang 2-2 Thailand. Meski pada akhirnya, tim Indonesia harus mengubur impian untuk menjadi juara, setelah gagal dalam adu pinalti. 

Menarik, karena pivot timnas futsal Indonesia ini ternyata seorang abdi negara dari institusi Kepolisian dengan pangkat Briptu.

“Ia benar evan adalah anggota kepolisian aktif yang saat ini betugas di Polres Mimika Polda Papua dengan pangkat Briptu,” sebut Kabid humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan di Jayapura, Minggu ( 10/04).

Kamal menjelaskan bahwa statusnya sebagai anggota kepolisian itu diperoleh ketika Evan Soumilena menamatkan pendidikan Bintara kepolisian di SPN Karombasan Manado pada 2016.

“Evan lulus sebagai anggota Polri pada Tahun 2016, saat ini sedang berlaga di ajang Piala AFF 2022 untuk mengharumkan nama Indonesia," tutur Kamal.

Ia menegaskan, institusi Polri tentunya memberi dukungan penuh kepada Evan untuk berprestasi membanggakan diri sendiri, orang tua maupun institusi serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga  sosok evan menjadi contoh bagi generasi penerus bangsa kita,” ucap Kamal.

Untuk diketahui, Evan Soumilena bukanlah nama baru di dunia futsal Indonesia. Memperkuat tim Black Steel Manokwari sejak 2017 silam, rekam jejaknya di Pro Futsal League sudah cukup panjang. 

Bersama klubnya, Evan terus menampilkan perkembangan positif. Salah satu prestasi terbaru pemain yang memiliki nama lengkap Holypaul Septinus Soumilena ini ialah mempersembahkan gelar Pro Futsal League 2020 untuk timnya.**