Deputi II BNPP Kemendagri Paulus Waterpauw

Memajukan Ekonomi di Tapal Batas Harus Ada Sinergi Pemerintah Kota dan Provinsi

Deputi II Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri RI Komjen Pol (P) Drs Paulus Waterpauw meninjau potensi tambak ikan air payau di Kampung Holtekamp dan tempat pengolahan sagu di Kampung Skouw Yambe, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (08/2/2022)/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Deputi II Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri RI Komjen Pol (P) Drs Paulus Waterpauw meninjau potensi tambak ikan air payau di Kampung Holtekamp dan tempat pengolahan sagu di Kampung Skouw Yambe, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (08/02).

Dalam kunjungan ini, mantan Kepala Badan Intelejen Keamanan (Kabaintelkam) Polri ini didampingi oleh Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Iman Djuniawal, Kepala Badan Perbatasan Kota Jayapura Mathius Pawara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayapura, Matheyis Sibi, dan Kepala Kampung Holtekamp, Husein serta Kapolsek Muara Tami AKP Junan Plitomo.

Di lokasi pertama, di Kampung Holtekamp mantan Kapolda Papua dua kali itu bertemu dengan para petani ikan tambak air payau dan membahas rencana pembuatan irigasi guna kebutuhan air bagi para petambak Ikan.

Sementara di lokasi kedua,  di Kampung Skouw Yambe, suami dari Roma Megawanti Pasaribu ini bertemu dengan pengelola pabrik Sagu, Sautenlis Rollo.

"Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Dalam hal ini pemerintah ingin melihat langsung secara rill keadaan di lapangan baik kondisi tambak maupun dampaknya terhadap lingkungan sekitar terutama masyarakat yang berada di daerah Perbatasan RI - PNG khususnya Distrik Muara Tami ini," katanya.

Paulus Waterpauw berharap pemerintah kota dan provinsi ada sinergi dalam mendukung program dari pemerintah pusat dalam memajukan ekonomi di tapal batas.

"Kami berharap ada kerjasama antara pemerintah kota ataupun provinsi untuk mendukung program Pemerintah terkait Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara," katanya.

Dalam kunjungan Deputi II BNPP Kemendagri Komjen Pol (P) Drs Paulus Waterpauw di dua lokasi ini, para petambak ikan dan pengelola pabrik sagu memberikan sejumlah saran dan masukan yang tentunya harapan kepada pemerintah untuk selalu memperhatikan mereka yang ada di serambi terdepan negara Indonesia.*