Satu Tenaga Medis di Sentani yang Terpapar COVID-19 Sembuh

Ilustrasi pasien Covid-19/google

SENTANI, wartaplus.com - Kurang lebih dua pekan menjalani perawatan medis karena terpapar virus corona atau COVID-19, salah satu petugas kesehatan di Kabupaten Jayapura dinyatakan sembuh dan diijinkan kembali ke rumah.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Yowari, Petronela Risamasu mengatakan, selama ini terdapat dua tenaga medis yang menjalani perawatan di RSUD Yowari. Dari dua tenaga medis tersebut, satu orang diantaranya dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke rumah.

" Ada dua tenaga kesehatan yang positif COVID-19, dan hari ini satu orang dinyatakan sembuh dan sudah boleh pulang, sementara satunya masih dirawat," katanya kepada wartawan di Rumah Sakit Youwari, Kamis (7/5) siang.

Dua orang pasien tersebut berasal dari Rumah Sakit Yowari dan satu orang lainnya berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. 

Dikatakan, dua orang petugas kesehatan tersebut terpapar COVID-19 akibat adanya kontak erat dengan para pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Yowari.

" Selama menangani pasien COVID-19, para petugas kesehatan sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan terkait penanganan terhadap pasien COVID-19. Mungkin terjadi kesalahan saat mengganti APD setelah melayani pasien, saat itulah mereka terpapar," ungkapnya.

Menurutnya, kejujuran dari seorang pasien sangat penting karena menghadapi pandemi COVID-19 ini, semua orang termasuk petugas medis menghadapi persoalan yang sangat berat dalam kondisi tidak siap untuk menangani pandemi global ini.

" Termasuk yang paling penting adalah  kejujuran pasien, terkait statusnya apakah yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19," tandasnya.**