Hasil Rapid Test, 25 Personil Lanud Silas Papare Jayapura Negatif Covid-19

Tampak sejumlah prajurit Lanud Silas Papare Jayapura mengikuti Rapid Test di Gedung Megantara Lanud Silas Papare, Jayapura, Rabu (29/4)/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Guna memastikan prajuritnya tidak terpapar virus corona atau Covi-19, sebanyak 25 prajurit Lanud Silas Papare Jayapura menjalani rapid test di Gedung Megantara Lanud Silas Papare Jayapura, Rabu (29/4) sore

Pengambilan sampel darah tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Kesehatan Rumah Sakit Lanud Silas Papare, Mayor Kes dr. Dwi Indra Darmawan.

Komandan Lanud Silas Papare, Jayapura Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, menyampaikan bahwa rapid test diprioritaskan kepada 25 personel lapangan tersebut kerena mereka bersentuhan langsung dengan barang yang masuk melalu base ops.

“ Mereka ini adalah personil yang bertugas sebagai pendukung penerbangan di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura. Jadi mereka harus diprioritaskan untuk mengetahui kondisi kesehatan meraka,” kata Danlanud Tri Bowo Budi Santoso, kepada pers di Sentani, Kamis (30/4) sore.

Menurutnya, prajurit lapangan tersebut memiliki resiko terpapar Covid-19 karena mereka bersentuhan langsung dengan barang yang dibawa oleh pesawat TNI AU yang membawa alat kesehatan dari luar Papua.

“ Sejak bulan Maret 2020, kita telah menerima 22 penerbangan yang membawa total 22,8 ton alat kesehatan dari Jakarta untuk didistribusikan di wilayah Papua. Setiap kali masuk, personil kita ini yang menjemput sehingga pemeriksaan bagi mereka harus menjadi prioritas agar bisa mengetahui kondisi kesehata mereka,” terangnya. Dikatakan, dari hasil Rapid Test tersebut, 25 personil Lanud Slas Papare Jayapura dinyatakan negatif Covid-19.

“Alhamdulilah hasil rapid test, semua personil kita dinyatakan negatif. Saya berdoa dan berharap semoga pandemic ini dapat segera teratasi, dan seluruh masyarakat Papua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa  dalam menghadapi wabah Covid-19,” pungkasnya.**