Jalin Silaturahmi, Danlanud SPR Gelar Coffee Morning Bersama Awak Media

Danlanud Silas Papare Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S. Sos memberikan sambutan di acara Coffee Morning bersama awak media, Kamis (30/11)/Humas Lanud SPR

JAYAPURA, wartaplus.com - Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare ( Lanud SPR) menggelar acara coffee morning bersama awak media, bertempat di venue Rugby Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (30/11) pagi.

Acara silaturahmi dihadiri langsung Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S. Sos. bersama para Pejabat utama Lanud SPR, pimpinan organisasi pers serta para wartawan dari media cetak, dan elektronik yang ada di Jayapura.

Suasana coffe morning berlangsung santai dan penuh keakraban, sambil menikmati kopi dan kudapan yang disediakan.

Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah yang baru satu bulan mengemban tugas sebagai Danlanud SPR ini menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para wartawan, karena telah hadir memenuhi undangan untuk bertatap muka langsung dalam acara Coffee Morning.

Di kesempatan itu, penerbang Helikopter ini memperkenalkan diri berikut para Pejabat Utama yang hadir. "Saya baru saja menyelesaikan pendidikan PPSA XXIV Lemhanas RI," ungkap pria lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1995," akunya.

Dari riwayat jabatan, Marsma Indan menyebut jika dirinya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (KADISPENAU) pada periode tahun 2020 sampai dengan 2022, lalu Danlanud Adi Sumarmo, Solo pada tahun 2018 dan Danlanud Wiriadinata, Tasikmalaya pada tahun 2012.

Memiliki latar belakang sebagai penerbang helikopter dari Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sanjaya, Bogor, Marsma Indan merupakan alumni sekolah Penerbang angkatan 54, dan sekolah instruktur Penerbang angkatan 56.

"Saya pernah melaksanakan tugas penerbangan di wilayah Papua pada periode tahun 1998 sampai dengan 2007," ungkapnya.

Marsma Indan menuturkan, tugas Pangkalan TNI AU Silas Papare untuk menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara, dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

Pangkalan TNI AU Silas Papare adalah satuan pelaksana Koopsud III yang berkedudukan langsung di bawah Pangkoopsud III.

"Kehadiran Lanud Silas Papare harus mampu memberi manfaat bagi warga Papua dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Papua," tegas Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan bahwa Coffee Morning ini bertujuan untuk mempererat jalinan silaturrahmi, antara insan pers yang ada di Kabupaten maupun Kota Jayapura dengan TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Silas Papare.

“Harapan saya, kita dengan rekan-rekan media online maupun cetak akan saling berkoordinasi, saling berkomunikasi. Jadi kita saling bertukar pikiran atau bertukar berita (informasi), media apapun itu mau media cetak, media online atau televisi (elektronik), kita harus berkomunikasi dengan baik, berkoordinasi, untuk membuat berita yang memang semestinya kita beritakan untuk masyarakat luas,” harapnya.

Danlanud menilai, bahwa perkembangan media (dunia jurnalistik) hingga saat ini sudah semakin maju sehingga wartawan diharapkan bisa menyampaikan berita-berita positif kepada masyarakat luas.

Ia juga berharap dalam pemberitaan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, dengan menyajikan data dan fakta yang aktual.

Sebab kata Danlanud, media khususnya wartawan itu merupakan teman yang harus dirangkul untuk menginformasikan apa yang seharusnya diinformasikan kepada seluruh masyarakat luas.

“Artinya, media tugasnya untuk mencerdaskan Masyarakat, tentunya hal ini dapat dilaksanakan jika proses pengumpulan dan penulisan berita dilaksanakan dengan objektif, faktual dan berimbang dengan mengambil narasumber yang berkompeten di bidangnya. Masyarakat harus di edukasi sama media ini lewat berita yang ditulis oleh wartawan,” pungkasnya.**