60 Penembak TNI AU Berkompetisi di Ajang Kasau Cup 2022 yang Digelar Lanud SPR

Lomba menembak Kasau Cup 2022 yang digelar di lapangan menembak Lanud Silas Papare Jayapura, Selasa (17/05)/Andi Riri

SENTANI, wartaplus.com - Sebanyak 60 prajurit TNI AU berkompetisi di ajang Lomba Menembak Kasau Cup 2022 yang digelar Lanud Silas Papare.

Lomba menembak Kasau Cup 2022 yang berlangsung di Lapangan Menembak Lanud Silas Papare Selasa (17/05) merupakan bagian dari rangkaian Peringatan HUT ke-76 TNI AU pada 16  April 2022 lalu. 

Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Budi Achmadi kepada wartawan menyatakan, tahun ini Lanud Silas Papare di Jayapura, Papua menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara selain Jakarta dan Bandung.

"Hari ini Lanud Silas Papare kami mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah. Mengapa di Jayapura? karena kita memilki fasilitas sarana prasarana menembak yang sangat lengkap bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia (pernah digunakan untuk iven PON 2021 Papua) Sehingga dengan harapan, digunakan untuk lomba menembak ini sarana prasarana yang ada bisa kita rawat bersama," ujar Marsma Budi kepada wartawan usai acara pembukaan yang berlangsung secara virtual serentak di tiga kota penyelenggara.

Upacara pembukaan oleh Wakil Komandan Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsma TNI A Gustaf Brugman.

Upacara pembukaan secara virtual

Untuk peserta, lanjut Marsma Budi, bukan hanya dari prajurit Lanud Silas Papare tetapi prajurit TNI AU di wilayah Indonesia Timur yang berada di bawah Komando Operasi Udara (Koopsud) 2 dan 3.

"Jadi peserta datang dari Madiun, Malang, Makassar, Ambon dan Biak baik prajurit Tamtama, Bintara dan Perwira Tinggi," sebut Danlanud.

"Lombanya khusus Lanud Silas Papare hanya berlangsung sehari untuk nomor pistol dan senjata laras panjang karena hanya diikuti prajurit TNI AU. Sementara di Jakarta berlangsung hingga Rabu besok, karena Kejurnas menembak nasional," jelasnya.

Marsma Budi mengungkapkan, dengan adanya lomba menembak seperti ini yang digelar tiap tahun, kita bisa mencari bibit menembak yang baru terutama di lingkungan TNI AU, selain juga untuk mencari bibit atlet menembak nasional.

Sementara itu, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam sambutannya yang dibacakan Wakasau Marsma TNI Gustaf Brugman memberikan apresiasi atas terselenggaranya perlombaan ini. 

"Diharapkan kegiatan ini dapat  bermanfaat bagi kita dalam meningkatkan kemampuan khususnya bidang menembak, sekaligus ajang silaturahmi antar penembak untuk mempererat persatuan dan meningkatkan kompetisi yang positif diantara kita," harapnya.**