Pasien Ini Sebelumnya Positif, Sekarang Dinyatakan Negatif Covid 19

Jubir Tim Satgas Covid 19 Kota Sorong (tengah) saat konferensi pers/ doc.mega

SORONG, wartaplus.com - Kabar gembira buat masyarakat, bahwa salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 Kota Sorong yang  sebelumnya berstatus positif Covid 19, dinyatakan negatif.

Juru Bicara Tim Satgas Covid 19 Kota Sorong, Rudi Laku dalam keterangan persnya Minggu malam (19/4) menjelaskan bahwa sampel pasien kode 01 yang dikirimkan ke Laboratoriun Kesehatan di Makasar menyatakan bahwa pasien tersebut negatif.

"Ini baru tahap pertama, sesuai dengan standar WHO akan dilakukan pengambilan sampel kedua untuk diuji kembali. Jika berturut-turut dinyatakan negatif maka Pasien dapat dikatakan sembuh," terang Rudi.

Pasien kode 01 berjenis kelamin perempuan diketahui merupakan ibu dari pasien 04 yang sebelumnya dinyatakan positif Covid 19 dan telah meninggal dunia. Per hari ini, jumlah ODP di Kota Sorong mengalami peningkatan yaitu berjumlah 132 orang, selesai pemantauan 82 orang dan proses pemantauan 50 orang.

Jumlah PDP masih berjumlah 17 orang, selesai pengawasan 9 orang, proses 6 orang dan 2 meninggal dunia. Sedangkan OTG berjumlah 62 orang. Selesai pemantauan 56 dan proses 6 orang.

Dimana dari 34 sampel 4 orang dinyatakan positif Covid 19 dan 22 dinyatakan negatif, 8 masih belum jelas karena masih menunggu hasil dari batlibangkes Kemenkes Jakarta.

Meski demikian Jubir, meminta masyarakat tetap mengikuti protokol penanganan Covid 19 yaitu Social distancing dan physical distancing. Mengingat dari 4 yang dinyatakan positif Covid 19 adalah Orang Tanpa Gejala.*