Hari Pertama Lockdown, Bupati Puncak Jaya dan Muspida Lakukan Ini

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM bersama Muspida dan Kepala OPD melakukan pengecekan Pos-Pos Kesehatan di berbagai tempat di Kota Mulia/dok.HumasPJ

MULIA,  wartaplus.com  - Hari pertama lockdown, Bupati Puncak Jaya bersama muspida serta stakeholder terkait mengadakan Rapat Gugus Penanganan, Pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan di Hall Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (23/3).

Dalam wawancaranya Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM mengatakan bahwa pemerintah akan terus menindaklanjuti dan melakukan beberapa kegiatan persiapan penanganan Covid-19.

 "Setelah melakukan rapat di hall kantor bupati, ada beberapa agenda yang telah kami putuskan yang pertama adalah harus kita menyediakan tempat bagi para pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun ada yang mempunyai indikasi lainnya,” kata Bupati.

Adapun kekurangan - kekurangan lain, ungkap Bupati, dirinya telah memerintahkan Kepala OPD terkait untuk melengkapi fasilitas di Gedung Balai PU. “Kita juga sudah menyurat resmi ke Kementerian PUPR melalui balai PU Provinsi Papua untuk peminjaman gedung sementara waktu," ungkapnya.

Nantinya Tim gabungan yang ada akan melakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan gedung balai PU. Menurut Bupati, ini penting agar peralatan medis yang sudah disiapkan bisa segera dimasukkan.

“Dalam hal ini prioritas tinggi kita adalah peralatan medis yang dalam 1 atau 2 hari kedepan akan kita datangkan," terangnya.

Bupati menegaskan, jikalau apa yang dilakukan pemerintah adalah untuk penyelamatan jiwa manusia "Adapun kami bertindak hari ini adalah bukan dalam rangka apa apa tetapi adalah untuk penyelamatan jiwa kemanusiaan,” tukasnya

“ Oleh karena itu saya sampaikan lagi bahwa perintah Bupati sudah jelas untuk jemaat yang melakukan peribadatan di hari jumat maupun hari minggu sementara waktu ditiadakan dan keputusan itu sudah sah, jadi siapapun disini saya minta semua harus menyadari keputusan itu adalah yang terbaik untuk Pemerintah dan seluruh masyarakat puncak jaya karena Virus Corona ini adalah musuh kita semua dan kita harus melawan itu" tegas Bupati.

Dia menjelaskan, penyakit virus corona ini datang dari negara lain dan bukan Penyakit yang dikeluarkan oleh masyarakat Indonesia maupun Papua dan khususnya Puncak Jaya. Untuk itu diminta seluruh yang tinggal di Puncak Jaya harus bersatu padu baik Pemerintah Daerah, TNI/Polri serta seluruh elemen masyarakat,” Bahwa kita harus sepakat dan komitmen untuk memberantas virus corona ini, jadi kita tidak berkata - kata tetapi kita langsung bertindak" seru Bupati.

Sementara itu Ketua DPRD Puncak Jaya Zakaria Telenggen mengatakan, pihaknya terus mendukung apapun kebijakan Pemerintah Daerah terkait Pencegahan virus corona dan menghimbau serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak berkumpul dan berdiam diri dirumah.

Dalam sektor keamanan Dandim 1714/PJ Lektol Inf. Agus Sunaryo juga mengatakan pihaknya selalu siap mendukung kebijakan Pemerintah Daerah "Karena lebih baik mencegah daripada mengobati dan kita siapkan perlengkapan, peralatan dan kemampuan personil yang akan menjadi garda terdepan apabila terjadi adanya wabah yang masuk di Puncak Jaya," kata Dandim.

Usai menggelar pertemuan,Bupati bersama Muspida dan Kepala OPD melakukan pengecekan Pos-Pos Kesehatan di berbagai tempat di Kota Mulia.(Adv)