Rayakan Maulid Nabi Bersama Prajurit Kodim Puncak Jaya, Pj Bupati Sampaikan Pesan Ini

Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos.,M.AP memberikan sambutan di acara Maulid Nabi yang digelar Kodim 174/Pj/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Kodim 1714/PJ gelar acara Maulid  Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M, di Masjid Ar- Rahman Kodim, Minggu (08/10).

Acara Maulid yangg mengusung tema "Al-Quran dan Sunnah Sebagai Pedoman Hidup", dihadiri langsung oleh Pj. Bupati H. Tumiran, S.Sos, M.AP.

Berkesempatan memberikan sambutan, Pj. Bupati mengatakan, perayaan hari besar keagamaan seperti Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha dan hari raya umat islam lainnya selalu dirayakan tiap tahun.

Oleh karena itu, diharapkan ini tidak hanya sebagai agenda rutinitas saja, akan tetapi harus bisa diambil hikmah atau pelajaran dari pelaksanaan perayaan hari besar keagamaan seperti ini.

"Sebagai umat Muslim yang memperingati Maulid Nabi, kita harus bisa mentauladani kehidupan Nabi Muhammad SAW yaitu Kesabaran beliau dalam menghadap berbagai tekanan dan ancaman dalam penyebaran agama,” ujarnya.

Hikmah lain yang bisa dipetik dari perayaan Maulid Nabi ini, ungkap Tumiran, adalah kita harus bisa menjaga tali persaudaraan (ukhuwah), baik itu ukhuwah islamiyah yaitu persaudaraan antar umat islam sendiri.

Ukhuwah wathoniyah yaitu persaudaraan sebangsa dan setanah air tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Serta ukhuwah basyariyah yaitu persatuan antar umat manusia diseluruh dunia.

"Intinya adalah kita harus mampu manjaga toleransi antar kita, antar suku dan antar agama," pesannya mengingatkan.

Di kesempatan itu, Pj Bupati juga menyampaikan bahwa sebentar kita akan menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 baik Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presidan (Pilpres) dan Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada)

"Oleh karena itu kita harus bisa merekatkan kembali tali persaudaraan, dan bersama sama menjaga ketertiban, keamanan di daerah ini,”  pesannya lagi.

Pj. Bupati diakhir sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat Puncak Jaya untuk bersama sama memanjatkan Doa  bagi Bangsa dan negara terlebih khusus bagi Kabupaten Puncak Jaya ini, agar dijauhkan dari segala macam gangguan, ancaman san rintangan dalam menghadapi agenda besar nasional yaitu pemilu serentak 2024.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan dengan lancar dan dilanjutkam dengan penyampaian ceramah pesan moral sesuai tema oleh Ustad Sarfan.**