Pemkab Puncak Bentuk Tim Siap Siaga Covid 19 dan Libur 14 Hari

Nampak para petugas medis sedang melakukan pemeriksaan suhu badan menggunakan Thermo scan kepada setiap penumpang yang baru tiba di bandara Ilaga/dok.Diskominfo Puncak

JAYAPURAwartaplus.com - Guna mengantisipasi penyebaran covid 19 atau virus Corona, pemerintah Kabupaten Puncak telah membentuk Tim Siap Siaga termasuk ruang isolasi penanganan pasien Corona.

Menurut Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik, tim siap siaga corona yang terdiri dari tenaga medis akan bekerja tidak lain guna memantau perkembangan dan situasi terkait virus Corona, termasuk melakukan monitoring dan pengawasan di bandar udara.

"Kami sudah melakukan langkah-langkah antsipasi, salah satunya membentuk tim siap siaga virus corona, termasuk menyiapkan ruang khusus isolasi di Puskemas rawat inap Ilaga. Bahkan kami juga sudah menyiapkan petugas kami, untuk melakukan tes suhuh tubuh thermometer infra red,di Bandara aminggaru," ujarnya dalam rilis yang diterima wartaplus.com, Kamis (19/3) malam.

Libur 14 Hari

Selain pembentukan tim siap siaga dan ruang isolasi penanganan corona, kata Willem, dirinya pun telah mengambil kebijakan sesuai instruksi presiden untuk meliburkan sekolah maupun ASN 14 hari kedepan.

"Langkah meliburkan ini salah satu langkah penting untuk mengantisipasi penyebaran virus itu, dan kami akan menunggu perkembangan berikutnya," ucapnya.

Bahkan ia pun tidak mengijinkan adanya perjalanan dinas keluar daerah bagi seluruh OPD di kabupaten  Puncak termasuk adanya aktivitas di keramaian.

"Saya himbau untuk ASN tidak keluar dari Puncak selama 14 hari ke depan, apalagi kegiatan ke Jakarta atau daerah yang teridentifikasi penyebaran virus, kita tetap tinggal di ilaga, nikmati kondisi alam di sini, biar kalian lebih sehat di sini, jangan keluar daerah, bawah penyakit ke sini,”ungkapnya.

Willem juga menghimbau kepada masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat, termaksud kurangi beraktivitas di luar rumah.

"Kami telah menggelar sosialisasi tentang virus corona tersebut, diakhiri oleh doa bersama. Namun yang jelas pada intinya kita semua harus polah hidup sehat guna pencegahan penyebaran virus corona," terangnya

Di Kesempatan itu, Willem memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan kabupaten Punck yang sudah melakukan langkah penanganan pencegahan virus corona, salah satunya, dengan membentuk tim siap siaga Corona, bahkan menyiapkan ruangan khusus di Puskemas rawat inap di Ilaga, sebagai ruangan khusus pasien virus corona.

“Saya salut, meski kita berada di wilayah pegunungan, dengan fasilitas yang terbatas, namun kesiagapan para dokter dan medis di sini, dengan segala daya dan upaya, sudah cukup baik, membuat hingga masyarakat Puncak menjadi tenang,saya berterima kasih kepada kalian,”ucapnya.**