Waspada, Sembilan Kabupaten di Papua Berpotensi Terserang KLB Penyakit

KLB Campak dan Gizi buruk yang menyerang Balita di Kabupaten Asmat saat mendapatkan penanganan medis dari tim kesehatan Polri/Istimewa

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan mengklaim, sebanyak sembilan Kabupaten di Papua berpotensi mengalami Kasus Kajadian Luar Biasa (KLB)  Pasalnya, Kabupaten-kabupaten tersebut hingga kini belum menunjukan kemajuan yang signifikan terhadap layanan kesehatannya.


Pada 2016 lalu, Dinas Kesehatan Provinsi Papua merilis, sembilan Kabupaten masuk kategori raport merah atas pelayanan kesehatan yang masih buruk. Sembilan Kabupaten itu diantaranya, Kabupaten Memberamo Raya, Waropen, Puncak, Tolikara, Yahukimo, Nduga,
Dogiyai, Deyai dan Intan Jaya.

“Kabupaten-kabupaten ini sejak tiga tahun terakhir tidak menunjukan kemajuan yang signifikan, pelayanan kesehatan mereka tidak ada perubahan, masih stagnan. Kalau mereka belum ada perubahan, otomatis Daerah-daerah ini akan berpotensi terjadi KLB," sebut Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Aloysius Giay Alosius di sela sela kegiatan Rapat Koordinasi Dinas Kesehatan di Jayapura, Rabu (18/4)

Menurut Aloysius, langkah tepat yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mencegah terjadinya KLB, adalah melakukan pengendalian sejak dini. Selain itu, masing-masing Daerah wajib merekrut tenaga medis bergerak untuk mempercepat pelayanan kesehatan hingga ke Kampung-kampung.

"Ini yang harus segera dilakukan oleh para Kepala Daerah di sembilan Kabupaten, kalau ini tidak dilakukan, akan sulit untuk memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. Yang ada justru semakin memperburuk situasi dengan munculnya berbagai kasus KLB," tuturnya.

Di 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Papua menetapkan dua kasus KLB terjadi di dua Kabupaten, yaitu kasus diare yang menewaskan puluhan Balita dan orang Dewasa di Distrik Kimam, Kabupaten Merauke serta kasus KLB wabah Campak yang terjadi di Kabupaten Paniai.
Disisi lain, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Kepulauan Yapen memperoleh raport hijau, atas pelayanan kesehatan yang dinilai sangat baik oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Aloysius meminta, dua kasus KLB ini menjadi evaluasi bagi Daerah-daerah yang mendapat raport merah, sehingga kasus KLB dapat diantisipasi sejak dini.

"Kasus Merauke dan Paniai ini bisa jadi 
renungan bagi kita, untuk memperbaiki pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Para Bupati, tim TPAD, Dinas Kesehatan serta kepala puskesmas harus bekerja ekstra," tandasnya.*