Berikut Sejumlah Penghargaan yang Diberikan Kemenkes Untuk Papua

Staf Ahli Gubernur Papua, Annie Rumbiak saat menyerahkan penghargaan mewakili Menteri Kesehatan kepada pemenang pembuat film dokumenter tentag TBC/Istimewa

JAYAPURA, - Lima tahun kepemimpinan Lukas Enembe - Klemen Tinal (periode 2013 -2018), telah banyak kemajuan yang dicapai dalam pembangunan bidang kesehatan di Provinsi Papua. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo melalui Staf Ahli Gubernur, Annie Rumbiak menyebutkan, penghargaan yang diterima antara lain, RSUD Dok II dan RSUD Nabire sebagai RS terbaik dalam mengelola pasien TBC pada 2017. Lalu SMA Taruna Bakti dan SMA Negeri I Jayapura sebagai pembuat film terbaik I dan terbaik 3 tentang tuberculosis. Dinas Kesehatan Mappi dalam pencapaian kabupaten/kota yang “most progressive” dalam pengisian data set prioritas.

 

"RSUD Abepura, RS Dian Harapan dan RS Mathen Indey yang memperoleh sertifikat Akreditasi tingkat paripurna (bintang lima) dan RSUD Merauke, RSUD Mimika serta RSUD Biak memperoleh Sertifikat Akreditasi Tingkat Utama (bintang empat)," sebut Annie saat membuka Rakerda Kesehatan di Jayapura, Rabu (18/4).

 

Menurut dia, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua, maka harus dilakukan dengan pendekatan secara menyeluruh dan berkelanjutan dari waktu ke waktu sampai terwujudnya masyarakat Papua yang sehat

 

"Mewakili Pemerintah Provinsi Papua, saya mengucapkan selamat kepada rumah sakit dan Puskesmas yang berprestasi dan yang belum meraih prestasi, diminta untuk saling melakukan sharing atau tukar menukar informasi dengan rumah sakit atau puskesmas di kabupaten yang berprestasi," ucapnya.

 

Lanjut dikatakan Annie, diberlakukannya Undang – Undang Otonomi Khusus di Papua, diharapkan dapat memperbesar perhatian dan peluang pemerintah daerah untuk menangani sendiri secara lebih intensif, berbagai program pembangunan, khususnya bidang kesehatan. menetapkan sasaran strategi program yaitu, meningkatnya kesehatan masyarakat, meningkatnya pengendalian penyakit, meningkatnya akses dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan serta mengoptimalkan Bantuan Operasi Kesehatan (BOK)

 

Adapun program prioritas dalam mewujudkan Papua Sehat dengan kegiatan prioritas untuk melaksanakan Gerakan Bangkit Mandiri Sejahtera Harapan Seluruh Masyarakat Papua (Gerbang Mas Hasrat Papua) yaitu, program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Pelaksanaan Jaminan Kesehatan melalui Kartu Papua Sehat (KPS) dan siste rujukan, Penurunan Angka Kematian ibu dan anak. Menurunkan Gizi buruk dan perbaikan gizi Masyarakat, percepatan eliminasi tuberclosis (TBC), serta peningkatan cakupan dan mutu imunisasi.*