Antisipasi Penimbunan Masker, Polres Biak dan Instansi Terkait Lakukan Monitoring

Polres Biak Numfor bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi serta Dinas Kesehatan setempat melakukan monitoring ketersediaan masker di sejumlah apotik, Kamis (5/3)/dok.HumasPolda

JAYAPURA, wartaplus.com - Adanya kelangkaan masker penutup mulut di Kabupaten Biak Numfor, menyusul merebaknya virus corona, Polres Biak Numfor bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi serta Dinas Kesehatan setempat melakukan monitoring ketersediaan masker di sejumlah apotik, Kamis (5/3).

Monitoring ketersediaan masker penutup mulut ini dilakukan karena diketahui akhir - akhir ini stok masker sudah semakin berkurang (langka) di Biak Numfor. Untuk itu Polres Biak Numfor menggandeng instansi terkait untuk melakukan pengawasan penjualan di beberapa apotik di Biak untuk mencegah adanya penimbunan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kaurmintu Ipda Maju Nababan bersama Poliklinik Polres Biak langsung menyambangi sejumlah Apotik untuk mengecek perihal kelangkaan masker penutup mulut.

“Seperti kita ketahui saat ini isu terkait penyebaran virus corona tengah marak terdengar dan masker penutup mulut inikan merupakan alat pelindung diri, jadi banyak dicari oleh masyarakat, sehingga membuat angka penjualannya semakin meningkat dan kami lakukan monitoring untuk mengantisipasi adanya penimbunan khususnya di Biak,” jelas Ipda Maju.

Adapun lokasi monitoring hari pertama yakni di Apotik Agung Jalan Selat Makassar, dengan ketersediaan masker 1 dos isi 50 lembar, dijual harga eceran Rp2.000/lembar, Apotik Papua Sehat dengan ketersediaan masker 110 lembar dijual harga eceran Rp 3.000/lembar (1 dos Rp135.000), Apotik Gandawati Persediaan masker kosong sejak 2 minggu lalu, Apotik Kimia Farma persediaan masker 20 Lembar harga Eceran Rp2.000/lembar dan Apotik Hadi Persediaan masker kosong sejak 2 minggu yang lalu.

Sementara itu, Kapolres AKBP Mada Indra Laksanta, SIK,M.Si saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa dari hasil monitoring hari pertama ini ada beberapa apotik yang sudah kehabisan stok masker dan untuk harga jual masker sendiri masih relatif normal.

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mencegah adanya penimbunan sehingga menimbulkan kelangkaan ketersediaan stok masker di apotik yang ada di Biak Numfor.

"Kami akan terus melakukan koordinasi dengan Dinas dan Instansi terkait serta stake holder lainnya, guna menjaga ketersediaan stok masker di Biak," pungkasnya.**.