Ini Pesan Bupati Yuni Saat Lantik Tim Penggerak PKK Puncak Jaya

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM melantik Ketua Tim Penggerak PKK Distrik se - Kabupaten Puncak Jaya, di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya pada Kamis (5/3)/dok.HumasPJ

MULIA, wartaplus.com  - Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM melantik  Ketua Tim Penggerak PKK Distrik se - Kabupaten Puncak Jaya,  di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya pada Kamis (5/3). Acara pelantikan ini juga dirangkaikan dengan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK yang berlangsung hikmat dan lancar.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK hal ini di karenakan keluarga merupakan unit terkecil Masyarakat yang berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Untuk terlaksananya tugas dan fungsi penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya, maka perlu membentuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya Masa Bhakti 2017-2022.

Dalam sambutannya, Bupati Yuni mengatakan, Ketua Tim Penggerak PKK telah dilantik oleh Ketua Tim Penggerak Provinsi Papua setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya periode 2017-2022 pada tanggal 7 Desember 2017 lalu, Sedangkan Wakil Ketua serta pengurus lainnya hingga tingkat distrik belum dilaksanakan hingga akhirnya dilantik hari ini.

“Laporan tim penggerak PKK berdasarakan Anggaran Dasar Rumah Tangga maka pengurus TP-PKK telah memilih pengurus yang baru mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Distrik telah dipilih dan itulah yang dilantik pada hari ini” ungkap Bupati Yuni.

Adapun Pengurus Utama Tim Penggerak PKK se – Kabupaten Puncak Jaya yang dilantik sebanyak 97 orang dan Ketua TP-PKK Distrik sebanyak 27 orang.

Bupati Puncak Jaya menjelaskan, PKK adalah salah satu organisasi kaum wanita sebagai wadah untuk membina Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga “Gerakan PKK adalah gerakan nasional yang umum dari bawah untuk mewujudkan keluarga bahagia lahir dan batin. Untuk keberadaan PKK Kabupaten Puncak Jaya, sangat penting dan strategis karna langsung menyentuh kehidupan keluarga dimana keluarga adalah organisasi kecil dalam masyarakat,” papar Yuni.

Dirinya juga menegaskan kembali tentang UU Otsus Papua Nomor 21 Tahun 2001 bahwa di dalam UU yang tertera ada tiga hal penting yang harus diisi yaitu Perlindungan kepada OAP, Pemberdayaan kepada OAP dan Keberpihakan kepada OAP. “Ini adalah isi roh daripada Otsus Papua salah satunya adalah saat ini kami mengangkat harkat dan martabat, kami disederajatkan di permukaan bumi ini, tidak boleh membedakan suku, ras dan agama serta dengan adanya kesempatan ini didalam kepemimpinan saya harkat dan martabat ini kita angkat. Dan saya berharap ibu-ibu yang telah dilantik ini harus bangga dan memiliki tanggung jawab di diri sendiri,” tegasnya

Susun Program Kerja

Sementara itu,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda, SKM, M.Kes mengatakan bahwa setelah pelantikan ini, kedepannya akan disusun program kerja yang bersinergi dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya “Setelah pelantikan hari ini kami akan rapat bersama pengurus baru yang telah dilantik untuk membahas program kerja yang akan dilaksanakan kedepan dan PKK akan terus mendukung program yang dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya sehingga kedepannya sinergitas PKK dan Pemerintah Daerah sebagai Mitra Kerja akan sama,” tuturnya

Istri Bupati Puncak Jaya ini juga berpesan selaku Ketua PKK kepada pengurus baru yang telah dilantik bahwa kedepannya tetap selalu bekerja sama dan turut hadir dalam rapat atau pertemuan untuk menyusun program kerja kedepan

Perlu diketahui bahwa setelah pelantikan pengurus Utama Tim Penggerak PKK dan Ketua TP-PKK Distrik dilanjutkan dengan pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya selama dua hari.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Puncak Jaya Zakaria Telenggen, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo, Kapolres PJ AKBP. Drs. Mikael Suradel, MM, Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, Ketua DWP Puncak Jaya Ny. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP, Sekretaris TP-PKK Provinsi Papua Merri Letsoin, Korwil Mepago Martina Ehaa dan Pejabat Eselon II dan III, Para Kepala Distrik serta Masyarakat yang turut memeriahkan.(Adv)